Kematangan Emosional, Syarat Jadi Pejabat Tinggi Pratama?

Jum, 1 Sep 2023 01:01:52am 104 author Metro Dompu
compressed_1665012503071

Oleh: Firmansyah, S.Psi., M.MKes

Sesaat lagi di daerah kita Kabupaten Dompu akan dilakukan seleksi Pejabat Tinggi Pratama (PTP) untuk mengisi beberapa jabatan yang lowong.

Seleksi tersebut diketahui setelah dikeluarkannya pengumuman oleh pihak berwenang di daerah ini yang disebarkan secara luas ke khalayak.

Pengisian jabatan yang lowong tersebut dirasakan menjadi penting untuk memastikan roda organisasi tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Hal yang dilakukan oleh pihak terkait guna menentukan siapakah yang layak untuk menduduki jabatan tersebut adalah dengan kegiatan seleksi.

Kegiatan seleksi dengan berbagai tahapannya menjadi alat teropong untuk menentukan berbagai hal penting yang dibutuhkan untuk menjalankan tugas dan fungsi jabatan.

Ada beberapa syarat diantara banyak syarat yang harus dipenuhi ketika seseorang akan mengemban jabatan tertentu. Salah satu syarat tersebut adalah kematangan emosional.

Semakin tinggi jabatan yang akan diemban seseorang tentu beban tugas dan tanggungjawab yang harus dipegang atau dijalaninya juga akan semakin tinggi.

Kemampuan emosional yang tinggi akan memudahkan individu dapat menghadapi berbagai beban tugasnya dengan enteng dan sukses.

Memegang suatu jabatan seseorang akan dihadapkan pada berbagai situasi baik ringan ataupun berat. Saat menghadapi situasi inilah kematangan emosional itu diperlukan.

Bisa dikatakan emosi yang matang menjadi senjata super canggih bagi individu untuk dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan sukses.

Kematangan emosional yang baik memudahkan individu mampu mengendalikan diri dengan berbagai situasi yang berkembang.

Setiap orang memiliki tingkat kemarangan emosional yang berbeda antara satu dengan lainnya. Kematangan emosional dipengaruhi oleh latar belakang sosial dan psikologis yang dilewati individu sepanjang hayatnya.

Semakin tinggi kematangan emosional yang dimiliki maka akan semakin mudah bagi individu dalam menghadapi berbagai situasi yang dihadapi.

Kematangan emosi merupakan kekuatan bagi individu untuk menghadapi berbagai realitas secara konstruktif. Kematangan emosional juga memungkinkan bagi setiap orang mengontrol dan mengekspresikan emosi secara tepat.

Kematangan emosional juga memberi kemudahan bagi individu dapat menatakelola emosi dan berbagai potensi diri yang dimiliki.

Lainnya dengan kematangan emosi seseorang dapat mempertimbangkan dengan kritis terlebih dahulu suatu situasi sehingga memungkinkannya menampilkan performa yang stabil.

Kematangan emosional bukanlah perkara yang tidak bisa diupayakan. Menjadi pribadi dengan kematangan emosional seseorang bisa berikhtiar. Beberapa ikhtiar yang bisa dilakukan diantaranya;

1. Belajar Mengenali Emosi
Belajar mengenali emosi dapat dilakukan ketika dalam kondisi marah, sedih, bahagia, dan lain-lain.

2. Mempunyai Pandangan Realistik
Menjadi pribadi realistik atau sesuai dengan kenyataan akan membantu perkembangan jiwa individu menjadi lebih baik

3. Belajar dari Orang Lain
Belajar dari orang lain dapat dilakukan apabila kita tidak bisa merasakan secara langsung berbagai pengalaman terkait kematangan emosional.

4. Lebih Percaya pada Diri Sendiri
Percaya akan diri sendiri merupakan langkah awal dari kematangan emosional.

5. Belajar Menjadi Lebih Baik Lagi
Dengan berusaha menjadi lebih baik mendorong individu secara tidak sadar memiliki sikap mau belajar dan tidak pantang menyerah.

6. Berdoa Kepada Yang Maha Kuasa
Berdoa akan membuat seseorang kaya akan banyak inspirasi untuk menjadi yang lebih baik. Dengan berdoa seseorang akan terus mendapat petunjuk dan bimbingan dari-Nya.

Demikian kupasan ini, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua terutama bagi yang mengikuti kegiatan seleksi dimaksud untuk menumbuhkan sosok dengan kematangan emosional. (*)

* Penulis : Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Dompu dan juga seorang Konsultan Psikologi.

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu Ringkus Pengedar Shabu di Manggelewa

Jum, 12 Jul 2024 01:17:17am

Dompu, metrodompu.com -Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu gerak cepat berhasil meringkus pengedar Narkotika diduga jenis Shabu netto sekitar 15 gram...

Berita Kehilangan Sertifikat Tanah

Jum, 28 Jun 2024 05:52:57am

BERITA KEHILANGAN TELAH HILANG SERTIFIKAT HAK MILIK NO. 134 ATAS NAMA : SYAFRIN KAMALUDIN ALAMAT : DESA BARA, KEC WOJA, KAB. DOMPU -  NTB....

Ketua MPR RI dan DPP LDII Sepakati Program Sekolah Virtual Kebangsaan

Kam, 27 Jun 2024 10:31:53pm

Jakarta, metrodompu.com - Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Ir KH Chriswanto Santoso MSc dan jajarannya beraudiensi dengan Ketua...

Kerap Mengatasnamakan Proyek Hu’u, PT. STM Imbau Masyarakat untuk Waspada

Rab, 26 Jun 2024 11:41:08pm

Jakarta, metrodompu.com - PT. Sumbawa Timur Mining (STM) kembali mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai pihak-pihak yang...

10 Peserta Didik SMKN 1 Kempo Dilepas Magang ke Luar Negeri

Ming, 23 Jun 2024 11:13:24am

Dompu, metrodompu.com - Sebanyak 10 orang siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kempo Kabupaten Dompu NTB akan magang di luar negeri. Pada Sabtu, 22 Juni...

KPK Masih Dalami Aliran Uang ke Dirut BUMN Airnav

Kam, 20 Jun 2024 10:14:57pm

Jakarta, metrodompu.com - AirNav Indonesia, adalah sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang pemanduan lalu lintas...

Rowassidik Bareskrim Polri Gelar Perkara Khusus Atas Pengaduan PT Artha Bumi Mining

Kam, 20 Jun 2024 02:42:06pm

Jakarta, metrodompu.com - Kasus dugaan pemalsuan dokumen izin tambang yang ditangani Polda Sulawesi Tengah diawasi oleh Badan Reserse Kriminal...

Pelayanan Prima, RSUD Dompu Siapkan Fasilitas Memadai

Jum, 14 Jun 2024 11:21:31pm

Dompu, Metro Dompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan RSUD Dompu harus memiliki tenaga medis yang handal serta alat-alat yang...

Audensi dan Silaturrohim Pengurus LDII dan Pengurus MUI Kota Mataram Berlangsung Khidmat

Sen, 10 Jun 2024 10:40:26pm

Mataram, metrodompu.com - Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota mataram melaksanakan  audensi dan silaturahim dengan Pengurus...

Hari LH Sedunia, PT. STM Upayakan Restorasi Tanah Melalui Instalasi Lubang Biopori

Sab, 8 Jun 2024 11:01:56pm

Dompu, metrodompu.com– Dalam rangka Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor