Mental Healt Saat Pesta Pilkades

Sen, 23 Okt 2023 03:08:41am 195 author Metro Dompu
compressed_1665012503071

Oleh: Firmansyah, S.Psi., M.MKes

Dipastikan hari ini, Senin (23/10/23) sesuai jadwal warga yang memenuhi syarat khususnya di 33 Desa akan menggunakan hak pilihnya guna memilih pemimpin harapan (Kades).

Hak pilih yang diberikan warga saat pesta Pilkades berlangsung akan memberikan warna bagi pelaksanaan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan publik di desa di periode selanjutnya.

Dalam pesta demokrasi yang berlangsung warga desa diharapkan dapat menggunakan hak pilihnya dengan kesadaran diri yang tinggi tanpa dipengaruhi oleh pihak manapun.

Selain yang disebutkan hal yang tidak kalah pentingnya saat menggunakan hak pilihnya warga pemilih harus bisa memastikan dirinya sedang berada di kondisi mental healt (kesehatan mental) yang baik.

Mental health yang baik dan terarah memungkinkan bagi warga pemilih dapat memilih secara efektif jauh dari keraguan, khawatiran, ketakutan, dan penuh dengan rasa percaya diri.

Berperilaku efektif dengan hilangnya keraguan, ketakutan, kekhawatiran, saat menggunakan hak pilihnya membuat warga pemilih akan merasa nyaman, tentram, damai tidak hanya dengan diri sendiri namun juga dengan lingkungan sekitarnya.

Bila para pemilih bermental healt yang baik mereka pun akan berkemampuan dalam memperbaiki suasana hati (mood-nya), mengurangi kecemasan dan akan merasa lebih damai.

Lainnya dengan mental healt yang baik para pemilih akan berpikir lebih jernih, meningkatkan hubungan yang lebih berkualitas dengan lingkungannya.

Salah satu keunggulan yang dirasakan para pemilih saat bermental healt yang baik dia akan mengembangkan pikiran yang positif sehingga mampu mengatasi berbagai persoalan yang ada disekitarnya.

Bermental healt yang baik terutama saat menggunakan hak pilih dalam pesta Pilkades dapat dilakukan dengan menatakekola emosi agar berjalan baik dan terarah.

Kemampuan menatakelola emosi dengan baik membuat warga pemilih berada dalam kondisi jiwa yang tenang, damai dan tentram, tangguh, dan tidak mudah stres dalam beragam pengaruh yang negatif.

Ada baik bagi kita semua tidak terkecuali warga pemilih saat menggunakan hak pilihnya tetap berada di kondisi mental healt yang baik sehingga apa yang dilakukan berjalan sesuai harapan.

Demikian, mudah-mudahan bermanfaat bagi warga pemilih untuk berada dalam kondisi mental healt yang baik sehingga di pesta Pilkades yang berlangsung bisa menggunakan hak pilihnya secara efektif dengan kondisi jiwa yang aman, tentram dan damai. (*) 

 

Penulis: Firmansyah, S.Psi., M.MKes, Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi “Buah Hati”, juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Dompu dan aktif sebagai Anggota PPM Kabupaten Dompu.

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PPDI Pertanyakan Lambannya Penetapan Pagu ADD 2024

Sel, 20 Feb 2024 02:31:04pm

Dompu, metrodompu.com - Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Dompu mempertanyakan kelambanan Dinas teknis yaitu DPMPD...

Ayo Recycle! Kegiatan Seru PMM UMM bersama Siswa-Siswi SD Negeri SOOKO 1

Sab, 17 Feb 2024 10:06:15am

Mojokerto, metrodompu.com - Februari 2024 sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program Pengabdian Masyarakat oleh...

KPU Dompu Gelar Rakor Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ming, 11 Feb 2024 03:39:23am

Dompu, metrodompu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dompu, pada Sabtu, 10 Pebruari 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan...

Kuasai Narkotika Jenis Shabu, Seorang Warga Mumbu Diringkus di Cabang Sipon

Sen, 5 Feb 2024 11:37:24am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana menjual, membeli,...

Ratusan Warga Desa Adu Blokir Jalan, Kendaraan PT. STM Dirusak, Kapolres Turun Tangan

Ming, 4 Feb 2024 10:33:55pm

Dompu, metrodompu.com - Ratusan warga Desa Adu, Kecamatan Hu'u Turun ke Jalan Raya Lintas Lakey, Kecamatan Hu'u persis depan Kantor Desa setempat,...

Bhabinkamtibmas Desa Banggo Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Sosling

Ming, 4 Feb 2024 10:26:58pm

Dompu, metrodompu.com - Salah satu personil Polsek Manggelewa, Brigadir Khairul Anwar, pada Sabtu (3/2/2023) sekira pukul 09.30 Wita menyambangi...

Kapolsek Dompu Blusukan di Kampo Samporo, Serap Aspirasi Warga Pasar

Ming, 4 Feb 2024 10:18:10pm

Dompu, metrodompu.com - Bertempat di Areal Pasar Tradisional Dompu, Kapolsek Iptu Arif Syarifuddin, SH berkesempatan menyerap aspirasi Masyarakat dan...

SMAN 2 Woja Gelar In House Training Penyusunan Perangkat Ajar

Sab, 3 Feb 2024 01:48:39am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar tahun 2024, maka SMA...

Polsek Woja Patroli KRYD di Doro Cumpa, Ajak Warga Jaga Kamtibmas

Jum, 2 Feb 2024 09:13:09am

Dompu, metrosompu.com - Bertempat di Doro Cumpa Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Polsek Woja dalam hal ini Piket SPKT Polsek,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor