Aksi Tutup Jalan Supir Dump Truk, Kapolsek Pekat Mediasi

Sen, 18 Jan 2021 08:48:34pm 1 author Metro Dompu
IMG_20210119_043728

Dompu – metrodompu.com, Puluhan Supir Dump Truk di wilayah Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Senin (18/1/2021) melakukan aksi mogok dengan cara memarkirkan kendaraannya menutupi jalur jalan masuk menuju Pabrik Gula milik PT. Sukses Mantap Sejahtera (SMS) Desa Doropeti.

Aksi ini, dilakukan untuk meminta kepada PT. CIT selaku penyedia jasa transportasi dan PT. SMS agar melibatkan (merekrut) para supir Dump Truk lokal untuk mengangkut Raw Sugar dari pelabuhan Calabai menuju pabrik gula PT. SMS. Aksi ini, mengakibatkan aktivitas mobil yang mengangkut Raw Sugar menjadi terhambat. Namun, hal ini mampu diredam saat Kapolsek Pekat Ipda Muh. Sofyan Hidayat S.Sos tiba dilokasi dan melakukan mediasi pertemuan antara para supir (massa aksi) dengan PT SMS, PT CIT dan pihak lainnya.

Pada pertemuan ini, salah seorang perwakilan massa aksi menyampaikan agar perusahaan bisa melibatkan para supir dump truk lokal untuk mengangkut Raw Sugar. “Inilah alasan kenapa kami melakukan aksi mogok. Aksi ini, kali kedua (Minggu – Senin 18 Januari 2021) kami lakukan dengan tuntutan yang sama,” ungkap Tamrin Hadu (Supir Dump Truk) warga Desa Doropeti.

Kata Tamrin Hadu, PT. CIT hanya memberikan rekomendasi 16 unit kendaraan lokal dibawah kendali CV. Sinar Pekat. “Kenapa hanya mereka direkrut. Kok, kami tidak,” herannya.

Perlu diketahui juga, sesuai dengan kesepakatan awal hadirnya PT. SMS untuk mensejahterakan masyarakat yang ada di Kecamatan Pekat. Selain itu, perusahaan gula ini pun telah berkomitmen untuk mengutamakan masyarakat lokal termasuk kendaraan lokal milik masyarakat Kecamatan Pekat.

“Kami berharap PT. SMS dan PT. CIT agar bisa merangkul kendaraan lokal milik masyarakat Kecamatan Pekat tanpa membatasi jumlahnya,” harap Tamrin Hadu.

Disela waktu, Manajer Eksternal Relation PT. SMS Kabupaten Dompu Muhammad Haryanto, meminta kejadian seperti ini tidak terulang kembali. Ia pun menjelaskan, kehadiran PT. SMS tentunya juga untuk mensejahterakan masyarakat.

“Jika ada permasalahan mari kita selesaikan secara baik-baik tanpa melakukan aksi hingga mengakibatkan aktifitas menjadi terhambat,” katanya.

Lanjut Muhammad Haryanto, perusahaan ini tidak akan bisa maju tanpa ada dukungan dari masyarakat. “Kami berharap kepada para sopir kendaraan lokal agar menerima kebijakan yang telah diberikan oleh pihak PT. CIT,” terangnya.

Disela waktu juga, Koordinator Kendaraan Lokal (CV. Sinar Pekat), Rudi, pada pertemuan ini pun menjelaskan, terkait kebijakan yang telah diberikan oleh pihak PT. CIT, dirinya telah menyampaikan kepada para sopir untuk menentukan opsi yang telah diberikan oleh pihak PT. CIT.

Namun sayangnya, para sopir yang berjumlah 28 orang tetap tidak menerima dan ngotot untuk masuk dalam kegiatan bongkar muat. “Saat ini jumlah kendaraan yang hadir sebanyak 20 unit dan kembali meminta kepada pihak PT. CIT agar mengikut mereka dalam pengangkutan Raw Sugar,” jelasnya.

Rudi menyebut, dalam pertemuan kemarin tidak ada kesepakatan antara para sopir kendaraan lokal dengan pihak PT. CIT karena pihak PT. CIT hanya memberikan kebijakan kepada kendaraan lokal yang ingin turut serta dalam kegiatan bongkar muat Raw Sugar maksimal sebanyak 16 unit.

“Bahkan kendaraan lokal ini melakukan kegiatan bongkar muat dengan sistem rolling atau secara bergantian. Hal dilakukan guna mengantisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di areal pelabuhan sehingga aktifitas pengangkutan Raw Sugar berjalan lancar,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Pekat Ipda Muh. Sofyan Hidayat S.Sos, mengatakan, sebelumnya dalam pertemuan kemarin malam sudah disepakati oleh para sopir kendaraan lokal untuk tidak melakukan aksi yang menghambat aktifitas pengangkutan Raw Sugar.

Namun sayangnya, hari ini aksi para supir ini kembali melakukan aksi protes dengan melakukan penghadangan terhadap kendaraan kendaraan yang melakukan bongkar muat.

“Pihak PT. CIT telah memberikan kebijakan atau pilihan kepada para sopir kendaraan lokal untuk melakukan kegiatan bongkar muat yang sebelumnya 10 unit menjadi 16 unit. Pilihan kedua yakni kendaraan sebanyak 28 unit dapat turut serta melakukan kegiatan bongkar muat namun dengan sistem rolling,” katanya. (YIDP)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tersandung Narkoba, Seorang Pegawai Honorer Diciduk Tim Opsnal Polres Dompu

Sab, 20 Apr 2024 12:39:16am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pegawai honorer di Dompu inisial EN tersandung kasus kepemilikan barang haram Narkotika jenis shabu. Terduga di ciduk...

Kepala Dinas Sosial Mengucapkan Selamat HUT Dompu ke 209

Kam, 18 Apr 2024 11:37:14am

  Keluarga Besar Dinas Sosial Kabupaten Dompu Mengucapkan : Selamat Hari Jadi Dompu Ke 209 11 April 1815 - 11 April 2024   Kepala...

Kuasai Shabu, Pria asal Baka Jaya Diringkus Tim Opsnal Polres Dompu

Rab, 17 Apr 2024 02:45:14am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pria berinisial JLK warga Dusun Woro Desa Bakajaya Kecamatan Woja tak berkutik di ciduk tim opsnal Satresnarkoba...

Kapolres Dompu Ungkap Sejumlah Kasus Miras Hasil Operasi Pekat Rinjani

Sab, 6 Apr 2024 11:05:34am

Dompu, metrodompu.com - Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Muhamad Sofyan S.Sos dan Kasat Reskrim AKP Ramli SH...

Peringati Nuzulul Qur’an, SMKN 1 Kempo Bukber dan Berbagi Takjil

Kam, 4 Apr 2024 04:28:21am

Dompu, metrodompu.com - Keluarga Besar SMKN 1 Kempo memperingati Nuzulul Qur'an yg dirangkaikan dengan Kegiatan Buka Puasa bersama (BUKBER) serta...

Direktur RSUD Manggelewa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Sel, 2 Apr 2024 04:04:50am

    Keluarga Besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manggelewa Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024...

Marak Kecurangan Penjualan BBM, Polres Dompu Pantau SPBU

Ming, 31 Mar 2024 08:16:25am

Dompu, metrodompu.com - Seiring kerap terjadinya tindak pidana kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia...

Jaga Kamtibmas Saat Warga Taraweh, Personel Gabungan Polres Dompu Diterjunkan

Sel, 26 Mar 2024 01:02:33pm

Dompu, metrodompu.com - Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban saat warga (umat islam) aman dan kondusif saat pelaksanaan Shalat Taraweh,...

Terduga Pelaku Penganiayaan Warga Desa O’ o Diamankan Polisi

Sel, 26 Mar 2024 11:17:20am

Dompu, metrodompu.com - Tim Puna Polres Dompu Senin (25/3/2024) sekira pukul 00.26 Wita dini hari, mengamankan terduga pelaku Penganiayaan inisial MJ...

Pengedar Sabu di Bali Satu Diringkus Tim Sat Narkoba Polres Dompu

Sel, 26 Mar 2024 05:06:34am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis Sabu,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

SMKN 1 Kempo Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Ming, 17 Mar 2024 04:01:26am

Visitor