Healing dan Quality Time, Harmoniskan Hubungan Suami Istri

Sab, 23 Des 2023 01:27:21am 98 author Metro Dompu
IMG-20231209-WA0107_1702125233241

Oleh: Firmansyah, S.Psi., M.MKes

Kehidupan seputar rumah tangga menjadi bagian penting dan juga sebagai pendorong kesuksesan bagi suami istri dalam berbagai bidang kehidupan yang digelutinya.

Sebagai faktor pendukung bagi kesuksesan suami istri dalam menjalankan peran sosialnya di masyarakat membuat kehidupan rumah tangga menarik dan banyak didiskusikan oleh berbagai pihak.

Banyak orang yang kemudian dia bisa sukses menjalani karier, sebagai tokoh masyarakat, atau sebagai seorang profesional diawali dengan adanya kesuksesan mereka dalam membina kehidupan keluarga (rumah tangga).

Bagaimana membangun rumah tangga agar berjalan sesuai harapan seorang kawan lama yang kini menjadi ibu rumah tangga dan berprofesi sebagai Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) memberikan penjelasan.

Kata dia mengawali penjelasannya kehidupan rumah tangga yang langgeng, bahagia dan harmonis yang kemudian bisa membuat pasutri sukses menjalankan perannya di masyarakat karena ada kerjasama yang baik didalamnya.

Menurutnya dalam membangun keluarga itu harus diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk beribadah kepada Allah SWT. Kata dia niatkan pernikahan yang dijalani sebagai sarana untuk beribadah kepada yang maha kuasa.

Berikutnya dia menyampaikan lagi saat sudah berkeluarga masing-masing pihak di rumah tangga (suami istri) harus bisa saling menjaga komunikasi yang baik antara keduanya. 

“Komunikasi yang baik antara suami dan istri dalam rumah tangga bisa membuat keduanya langgeng dan harmonis. Komunikasi yang baik membuatnya bisa saling sayang antara keduanya”, terangnya.

Lainnya dijelaskannya juga agar suami istri dalam menjalankan perannya bisa membagi perhatian dimanapun dan kapanpun keberadaannya, kemudian bisa saling menghargai, menerima kekurangan dan kelebihan pasangannya. “Sebagai daya rekatnya perbanyak healing dan quality time dengan keluarga”, terangnya.

Berikutnya agar rumah tangga yang dibangun tetap berada di kondisi yang langgeng dan harmonis dia menguraikan seorang suami atau istri diharapkan bisa saling memanjakan satu dengan lainnya.

“Dalam memanjakan suami atau istri tidak harus mahal mahal atau berlebihan namun bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing suami dan istri”, terangnya.

Lanjut dia menambahkan memanjakan istri atau suami itu bisa dilakukan dengan cara jalan bebarengan antara keduahya (dibawa jalan-jalan sambil bercerita tentang nostalgia saat pertama kali saling kenal dahulunya).

“Agar keduanya bisa terus lengket usahakan bangun suasana seperti masa-masa pacaran sama istri atau suami tempo dulu”, tegasnya.

Di akhir dia kemudian mengingatkan agar suami dan istri dalam berbagai inreraksinya agar bisa saking menjaga sikap dan tingkah lakunya.

“Saat berinteraksi sosial di rumah tangga suami istri sebisa mungkin saling menjaga sikap dan perilakunya, jangan sampai ada kata atau ungkapan yang menyakiti hati. Hadirkan istri atau suami kita sebagai sosok yang paling istimewa”, tegasnya.

“Dalam berumah tangga agar berjalan sesuai harapan antara suami dan istri harus bisa saling mendoakan kebaikan antara keduanya karena hanya dengan doa yang membuat keduanya bisa mendapat rahmat dan rahim dari Allah SWT”, tutupnya. (*) 


Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua dalam upaya bersama mewujudkan keluarga atau rumah tangga yag mawadah warahmah sebagai perekat ketahanan keluarga.

Penulis: Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi “Buah Hati”, Kabupaten Dompu juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Bagian Prokopim Setda Dompu dan aktif sebagai Anggota PPM Kabupaten Dompu.

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Rowassidik Bareskrim Polri Gelar Perkara Khusus Atas Pengaduan PT Artha Bumi Mining

Kam, 20 Jun 2024 02:42:06pm

Jakarta, metrodompu.com - Kasus dugaan pemalsuan dokumen izin tambang yang ditangani Polda Sulawesi Tengah diawasi oleh Badan Reserse Kriminal...

Pelayanan Prima, RSUD Dompu Siapkan Fasilitas Memadai

Jum, 14 Jun 2024 11:21:31pm

Dompu, Metro Dompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan RSUD Dompu harus memiliki tenaga medis yang handal serta alat-alat yang...

Audensi dan Silaturrohim Pengurus LDII dan Pengurus MUI Kota Mataram Berlangsung Khidmat

Sen, 10 Jun 2024 10:40:26pm

Mataram, metrodompu.com - Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota mataram melaksanakan  audensi dan silaturahim dengan Pengurus...

Hari LH Sedunia, PT. STM Upayakan Restorasi Tanah Melalui Instalasi Lubang Biopori

Sab, 8 Jun 2024 11:01:56pm

Dompu, metrodompu.com– Dalam rangka Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u...

Tim P3PD NTB Evaluasi Tupoksi BPD dan LKD di Desa Nowa Dompu

Kam, 6 Jun 2024 03:53:13am

Dompu, metrodompu.com - Tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) provinsi NTB melakukan evaluasi Kinerja Badan Permusyawaratan...

Menparefkraf Dipastikan Hadiri Dompu Expo, Sekda Imbau Seluruh Elemen Bersiap Lebih Awal

Sen, 3 Jun 2024 08:17:44am

Dompu, metrodompu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, H. Muhammad Salahudin Uno, dipastikan akan menghadiri dan membuka...

Dompu Expo Digelar 24 – 29 Juni, Sejumlah OPD Tampilkan Produk Unggulan

Ming, 2 Jun 2024 01:57:47am

Dompu, metrodompu.com - Geliat Pemerintah Kabupaten Dompu dalam memajukan daerah dan mempromosikan Dompu semakin gencar, terbukti dalam waktu dekat,...

Pengawas Pemilihan Kelurahan dan Desa Pilkada 2024 Dilantik

Sab, 1 Jun 2024 01:45:21pm

Dompu, metrodompu.com - Prosesi Pelantikan Pengawas Pemilihan Kelurahan /Desa se Kabupaten Dompu yang digelar pada Sabtu, 1 Juni 2024 bertempat di...

Rapat Paripurna DPRD, Bupati AKJ Sampaikan Tiga Raperda Inisiatif

Jum, 31 Mei 2024 09:44:51pm

Dompu, metrodompu.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu yang berlangsung di Aula Sidang DPRD setempat mengagendakan penyampaian 3 (tiga)...

Fasilitas Berkelas Hotel Berbintang RSUD Dompu, Diresmikan

Jum, 31 Mei 2024 09:01:28am

Dompu, metrodompu.com - Bupati Dompu, H. A kader Jaelani yang didampingi Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST, MT, serta Ketua DPRD, H. Andi Bachtiar...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor