Hutan Kotaku

Sab, 7 Jan 2023 07:06:32am 58 author Metro Dompu
Screenshot_2023-01-07-14-48-16-31_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e71673074915613

Oleh :

Moch Zainal Alim

Universitas Muhammadiyah Malang

PENDAHULUAN
Ada sebuah bangunan yang dapat dikatakan sebagai bangunan yang andal apabila bangunan tersebut memiliki tiga unsur yaitu bangunan yang tahan gempa, bangunan yang kuat, bangunan yang siaga kebakaran.Tetapi untuk saat ini masih banyak bangunan yang tidak memenuhi ketiga unsur tersebut, yaitu zaman sekarang masih banyak bangunan yang dibangun dengan keindahan dan kekokohan yang memerlukan biaya yang banyak, namun bangunan-bangunan tersebut pada akhirnya menjadi kerugian bagi Pemerintah dan juga berdampak negatif bagi masyarakat.Terutama pemilihan lahan untuk pembangunan tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya.

Banyak lahan yang dibakar terlebih dahulu sebelum proses pembangunan, proses pembakaran tersebut membawa dampak negatif bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarya. Di Provinsi Kepulauan Riau terutama di Pulau Batam kita bisa melihat bagaimana kemajuan Pulau Batam saat ini, banyak pembangunan gedung-gedung berbintang oleh para investor yang menanamkan investasi. Sayangnya pembangunan bangunan tersebut menghilangkan banyak hutan dan bukit Di Pulau Batam, hilangnya hutan dan ratanya bukit membawa banyak dampak terhadap para penduduk Di Pulau Batam,adapun dampak-dampak tersebut adalah menurunkan kualitas dan kuantitas air di pulau batam, meningkatkan pencemaran udara di pulau batam,kurangnya daerah resapan air, meminimalkan habitat hewan, tercemarnya tanah dikarenakan kekeringan.

Gedung yang ada di Pulau Batam keseluruhan materialnya menggunakan kaca yang terlalu banyak digunakan dalam proses pembangunan akan menyebabkan efek rumah kaca karena kaca-kaca tersebut terpapar langsung dengan cahaya matahari. Efek rumah kaca merupakan salah satu pengaruh besar terhadap pemanasan global.

PEMBAHASAN

Apa yang di maksud dengan bangunan tahan gempa, kuat, dan siaga kebakaran?.
Bangunan yang tahan gempa adalah bangunan yang tetap berdiri kokoh meskipun terjadi goncangan.Gempa merupakan suatu peristiwa yang terjadi dengan proses bergetarnya bagian pada lapisan kulit bumi, getaran yang ditimbulkan dapat membawa dampak negatif bagi makhluk hidupyaitu adanya korban jiwa, kerusakan harta benda, tanah longsor, kebakaran, dan terjadinya kecelakaan transportasi. Terjadinya gempa bumi tidak dapat di prediksi sehingga dengan mengetahui potensi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi kita harus mempelajaribentuk gempa bumi yang telah terjadi sebelumnya.

Bangunan yang kuat adalah bangunan yang tetap kokoh tanpa retakan di sisi manapun meskipun sudah dimakan usia. Bangunan siaga kebakaran adalah bangunan yang di lengkapi dengan material siaga kebakaran. Contohnya sebuah gedung berbintang yang plafonnya di lengkapi dengan alat semprot atau sower raksasa yang telah terhubung dengan saklar, ketika terjadi kebakaran, penghuni gedung hanya tinggal menekan saklar. Maka secara langsung air akan keluar melalui sower raksasa tersebut, sehingga menghambat merambatnya api di dalam gedung. Kebakaran merupakan suatu fenomena yang di sebabkan oleh kelalaian manusia. Kebakaran tersebut membawa banyak dampak bagi masyarakat di sekitar, banyak kerugian saat terjadi kebakaran bangunanbangunan yang susah payah didirikan dengan biaya yang tidak sedikit jumlahnya hancur dan hangus terbakar begitu saja. Bukan hanya bangunan-bangunan yang terbakar, tetapi munculnya banyak korban yang awalnya terjebak di dalam api saat kebakaran terjadi.

Kebakaran juga berdampak buruk bagi udara dan juga makhluk hidup di sekitar kita karena ketika udara sudah tercemar dengan asap sehingga udara tidak sehat apabila terhirup oleh manusia dan hewan.Di akhir tahun 2015 kita di kagetkan dengan berita kebakaran hutan di Pulau Pekanbaru yang asapnya menyebar sampai ke Negara tetangga Pulau Batam yaitu Singapura, kejadian ini tidak langsung terselesaikan karena begitu luasnya api serta musim kemarau yang panjang, akibatnya api tidak bisa langsung di padamkan begitu saja harus nunggu waktu yang lama juga.

Di Pulau Batam belum pernah mengalami becana gempa bumi, akan tetapi di Pulau Batam sering terjadi kebakaran yang ditimbulkan oleh aliran listrik yang kurang teratur,serta kelalaian manusia dalam memelihara lingkungan contohnya menebang hutan sehingga menimbulkan cuaca menjadi sangat panas dan berkurangnya udara sejuk. Banyaknya manusia yang kurang menyadari betapa bahayanya membuang puntung rokok yang belum benar-benar dalam keadaan mati di sembarang tempat.

Terjadinya gempa bumi tidak dapat di prediksi sehingga dengan mengetahui potensi kerusakan yang diakibatkan oleh gempa bumi kita harus mempelajari bentuk gempa bumi yang telah terjadi sebelumnya.

Gempa merupakan suatu peristiwa yang terjadi dengan proses bergetarnya bagian pada lapisan kulit bumi. Getaran yang ditimbulkan dapat membawa dampak negatif bagi mahluk hidup di bumi yaitu adanya korban jiwa,kerusakan harta benda, tanah longsor, kebakaran, dan terjadinya kecelakaan transportasi. Maka dalam proses pembangunan harus memprediksi terlebih dahulu lahan yang tepat untuk melakukan pembangunan yang tidak mudah longsor.

Dalam proses pembangunan setiap sudut pondasi harus dioengkapi dengan paku bumi. Namun dalam pembangunan di Pulau Batam tidak sama seperti di pulau-pulau yang lain yang masih berada di kawasan indonesia. Mengapa demikian, karena di Pulau Batam jika dilihat secara geografis berada di kawasan yang dikelilingi oleh lautan. Dengan demikian kita bisa mengetahui bahwa pulau batam bukanlah kawasan yang rawan gempa,tetapi dalam beberapa tahun yang lalu Pulau Batam pernah merasakan getaran gempa susulan yang terjadi di kawasan sumatra. Walaupun demikian beruntungnya Pulau Batam tidak mengalami dampak negatif yang terlalu berlebihan, tidak seperti di Pulau Sumatra banyak bangunan yang roboh serta hancur akibat gempa.

Bencana yang sering terjadi di Pulau Batam dan masih menjadi suatu permasalahan yang masih belum dituntaskan sampai saat ini yaitu abrasi, mengapa abrasi sering terjadi di Pulau Batam karena seperti penjelasan diatas tadi bahwa Pulau Batam dikelilingi oleh pantai dan lautan. Maka seharusnya bangunan yang dibangun di Pulau Batam wajib memperhatikan aspek-aspek lingkungan. Dalam pencarian atau pemilihan lahan terdapat hal-hal yang perlu di perhatikan serta harus dipertimbangkan contohnya adalah lahan tersebut harus diperhatikan lahan geologisnya artinya lahan tersebut harus disesuaikan apakah bangunan itu layak dibangun di daerah tersebut.

Dalam percencanaan sebuah bangunan juga harus memperhatikan konversi air. Semakin tinggi bangunan yang dibangun semakin dalam galian yang di gali sebagai pondasi tersebut. Semakin dalam lagian maka semakin merusaknya tanah serta saluran air yang seharusnya diserap oleh akar-akar pohon terhambat, dan air akan tercemar karena di Pulau Batam semua sumber air akan diserap oleh tanah dan akan kembali ke laut. Jika tanah mengalami kerusakan maka kualitas serta kuantitas air akan menurun.

Dalam pembangunan harus memperhatikan efisiensi dan konsersasi energi, yang artinya dalam tahap pembangunan sebuah gedung harus mempertimbangkan aspek penghematan energi serta menghemat penggunaan sumber daya alam. Jika sebuah gedung ingin menghemat menggunakan perlengkapan lampu maka solusi yang paling tepat yaitu dalam proses pembangunan tidak seluruhnya menggunakan dinding berwarna gelap serta tertutup. Agar cahaya mudah masuk kedalam ruangan serta dapat menghemat energi listrik.

Kualitas udara dalam sebuah bangunan merupakan salah satu aspek terpenting karena penghuni akan merasa nyaman ketika berada di dalam suatu ruangan yang memiliki kapasitas udara yang maksimal. Cara bagaimana menjaga kapasitas dan kualitas udara yang baik adalah menciptakan taman pada lahan kosong disetiap sisi bangunan.

PENUTUP

Dapat disimpulkan bahwa dari uraian di atas kita dapat mengetahui bagaimana pentingnya memerhatikan kondisi lingkungan terlebih dahulu sebelum mendirikan sebuah bangunan. Saran dari gua adalah waspadailah bencana alam, salah satunya gempa bumi, karena kita tidak dapat mengetahui kapan gempa bumi itu datang dan dapat merugikan jiwa dan harta kita, maka dari itu dalam membangun suatu bangunan haruslah menggunakan prinsip teknik yang benar. (*) 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PT. Sumbawa Timur Mining dan DLHK NTB Teken MoU Perlindungan Hutan

Rab, 21 Feb 2024 05:20:31am

Mataram, metrodompu.xom - Rabu, 21 Februari 2024 bertempat di Mataram NTB, PT Sumbawa Timur Mining (STM) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan...

PPDI Pertanyakan Lambannya Penetapan Pagu ADD 2024

Sel, 20 Feb 2024 02:31:04pm

Dompu, metrodompu.com - Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Dompu mempertanyakan kelambanan Dinas teknis yaitu DPMPD...

Ayo Recycle! Kegiatan Seru PMM UMM bersama Siswa-Siswi SD Negeri SOOKO 1

Sab, 17 Feb 2024 10:06:15am

Mojokerto, metrodompu.com - Februari 2024 sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program Pengabdian Masyarakat oleh...

KPU Dompu Gelar Rakor Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ming, 11 Feb 2024 03:39:23am

Dompu, metrodompu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dompu, pada Sabtu, 10 Pebruari 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan...

Kuasai Narkotika Jenis Shabu, Seorang Warga Mumbu Diringkus di Cabang Sipon

Sen, 5 Feb 2024 11:37:24am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana menjual, membeli,...

Ratusan Warga Desa Adu Blokir Jalan, Kendaraan PT. STM Dirusak, Kapolres Turun Tangan

Ming, 4 Feb 2024 10:33:55pm

Dompu, metrodompu.com - Ratusan warga Desa Adu, Kecamatan Hu'u Turun ke Jalan Raya Lintas Lakey, Kecamatan Hu'u persis depan Kantor Desa setempat,...

Bhabinkamtibmas Desa Banggo Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Sosling

Ming, 4 Feb 2024 10:26:58pm

Dompu, metrodompu.com - Salah satu personil Polsek Manggelewa, Brigadir Khairul Anwar, pada Sabtu (3/2/2023) sekira pukul 09.30 Wita menyambangi...

Kapolsek Dompu Blusukan di Kampo Samporo, Serap Aspirasi Warga Pasar

Ming, 4 Feb 2024 10:18:10pm

Dompu, metrodompu.com - Bertempat di Areal Pasar Tradisional Dompu, Kapolsek Iptu Arif Syarifuddin, SH berkesempatan menyerap aspirasi Masyarakat dan...

SMAN 2 Woja Gelar In House Training Penyusunan Perangkat Ajar

Sab, 3 Feb 2024 01:48:39am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar tahun 2024, maka SMA...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor