Pembacokan, Apakah Karena Individu Mudah Tersinggung?

Rab, 5 Okt 2022 11:34:36pm 192 author Metro Dompu
compressed_1665012503071

Individu yang mudah tersinggung sering merasa dirinya bermasalah ketika interaksi sosial berlangsung. Bila tidak bisa dipahami dengan baik oleh orang di sekitarnya, individu dengan pribadi seperti ini dapat bersitegang dengan orang-orang yang berada disekitarnya.

Ketika interaksi sosial yang berlangsung individu dilecehkan atau diganggu harga dirinya bila yang bersangkutan merasa tersinggung adalah sesuatu yang wajar terjadi, namun akan berdampak tidak baik bila hanya karena perkara yang sepele yang bersangkutan cepat tersinggung.

Guna menghasilkan hubungan sosial yang berkualitas, individu harus konstruktif dalam berperilaku, tidak mudah tersinggung dengan hal yang sepele, namun ketika interaksi sosial berlangsung dia mampu mengarahkan perilakunya kearah yang baik dan positif.

Bagaimana kaitan antara perilaku pembacokan dengan individu yang cepat tersinggung. Dari banyak informasi diperoleh gambaran bahwa tindakan pembacokan diduga dipicu oleh adanya ketersinggungan, dari salah satu pihak saat interaksi sosial berlangsung.

Individu yang cepat tersinggung ketika sudah tidak mampu mengontrol emosinya, dia tidak bisa membedakan orang-orang yang berada di sekitarnya, apakah dia seorang yang sudah dikenal atau tidak, teman atau bukan, keluarga atau lainnya, yang ada dibenaknya bagaimana dia bisa melukai atau menghabisi orang yang membuatnya tersinggung.

Munculnya pemberitaan terkait perilaku pembacokan oleh oknum anggota masyarakat membuat kita harus waspada agar tidak menjadi korban atau pun pelaku dari tindakan tersebut, lalu kemudian bisa memberikan edukasi guna menekan kasus pembacokan.

Ciri-Ciri Pribadi Yang Mudah Tersinggung

Ada banyak hal yang menjadi ciri-ciri individu yang mudah tersinggung, dikutip dari laman https://www.fimale.com, Rabu (05/10/22), diperoleh gambaran ciri-ciri dimaksud adalah sebagai berikut;

1. Tidak tegas pada diri sendiri

Orang yang mudah tersinggung termasuk memiliki EQ yang kurang baik karena tidak mampu menyeimbangkan sikap, perilaku, dan pikirannya. Mereka tidak memilii batasan-batasam tertentu dalam hidupnya. Sehingga ia akan mudah mengambil hal-hal buruk dari orang lain, seperti perkataan yang membuat mereka merasa buruk. Ini termasuk sebagai sikap tidak tegas pada diri sendiri.

2. Lebih suka menyendiri

Orang yang sensitif cenderung lebih suka menyendiri. Bukan karena mereka sombong namun karena mereka sangat rentan dan rapuh yang membuanya mudah salah paham dengan orang lain. Jadi membuat mereka cenderung lebih suka berkegiatan sendiri. Bahkan, jika mereka harus keluar dengan orang lain, pasti akan pilih-pilih.

3. Mengabaikan masalahnya sendiri

Berbeda dengan orang yang mudah tersinggung, mereka tak seperti kebanyakan orang yang akan menghadapi masalah, mereka justru memilih menghindari masalahnya. Perasaan yang sensitif membuatnya berpikir secara berlebihan, sehingga beranggapan saat menghadapi masalah, itu akan membuatnya semakin besar. Sebaliknya, mereka kerap berpikir bahwa masalah akan selesai dengan sendirinya.

4. Tidak punya selera humor

Orang yang mudah tersinggung sulit sekali untuk diajak bercanda, bahkan untuk sesuatu yang benar-benar lucu mereka jarang sekali tertawa. Mereka mubgkin menafsirkan dengan berbeda apa yang dilotarkan orang lain, sehingga sesuatu yang lucu bisa membuat mereka terluka.

5. Mudah menyimpan dendam

Orang yang sensitif lebih memilih menyimpan emosinya sendiri daripada mengeluarkannya. Sehingga, mudah bagi mereka untuk menyimpan dendam dalam waktu yang lama. Mereka sebenarnya perlu melepaskan perasaan-perasaan seperti itu, karena bisa jadi yang ada dalam pikirannya hanya salah paham semata.

Menjadi Pribadi Yang Tidak Mudah Tersinggung

Bagaimana upaya yang bisa dilakukan individu agar dirinya tidak menjadi pribadi yang tidak mudah tersinggung, dikutip dari laman https://id.berita.yahoo.com, Rabu (05/10/22), diperoleh penjelasan beberapa hal yang dapat diupayakan untuk membuat pribadi tidak mudah tersinggung, dengan ichtiar sebagai berikut;

1. Belajar memahami karakter orang-orang di sekitar

Sering kali yang menjadi penyebab utama kamu tersinggung adalah orang-orang di sekitarmu, bisa saja rekan kerjamu, teman-temanmu, bahkan keluargamu. Oleh karena itu, kamu perlu belajar memahami karakter orang-orang di sekitarmu. Jika kamu sudah memahami karakter mereka, akan mudah bagimu memahami kenapa mereka bersikap, bertindak, atau berucap tak menyenangkan kepadamu.

2. Belajar untuk selalu berpikir positif

Prasangka dan pikiran negatiflah yang membuatmu mudah tersinggung. Kamu terlalu cepat mengambil kesimpulan buruk tentang tindakan seseorang yang menurutmu tidak semestinya, yang justru akan membuat hatimu terbelenggu oleh rasa marah, kesal, dongkol, dan perasaan tersinggung. Oleh karena itu, ada baiknya di setiap kondisi dan keadaan, kamu selalu mengutamakan positive thinking.

3. Belajar melihat dari sudut pandang orang lain

Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menyikapi suatu hal. Ketika kamu merasa tersinggung oleh tindakan orang lain, posisikan dirimu sebagai orang tersebut. Berdasarkan sudut pandang si pelaku, mungkin menurutnya hal yang dilakukannya kepadamu merupakan sesuatu yang biasa saja, bukan sesuatu hal yang akan membuatmu tersinggung, hanya saja kamu yang terlalu sensitif.

4. Belajar meningkatkan kesabaran

Individu yang memiliki kesabaran yang tinggi takkan mudah tersinggung oleh hal-hal sepele, bahkan hal-hal yang sangat menyakiti sekalipun. Orang yang sabar memiliki hati yang sangat lapang, tak ada tempat di hatinya untuk menyimpan perasaan marah, kesal, dongkol, ataupun rasa tersinggung. Oleh karena itu, latihlah dirimu untuk terus meningkatkan rasa sabar.

5. Perbaiki hubungan dengan Sang Pencipta

Ketika kamu memperbaiki hubunganmu dengan Sang Pencipta, maka Dia juga akan memperbaiki hubunganmu dengan manusia. Selama ini kamu mungkin masih lalai dalam beribadah kepada-Nya, maka perbaikilah ibadahmu. Selama ini kamu mungkin masih abai akan larangan-larangan-Nya, maka jauhilah segala larangan-Nya.

Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua, terutama dalam upaya bersama semua pihak menghadirkan sosok yang mampu mengembangkan perilaku konstruktif yaitu perilaku yang sesuai dengan harapan lingkungan dan kemudian mendorong interaksi sosial yang berlangsung dimasyarakat bisa berjalan baik dan membahagiakan.

—————

Penulis :

Firmansyah, S.Psi., M.MKes, Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi “Buah Hati” juga sebagai Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu dan Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dompu.

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PT. Sumbawa Timur Mining dan DLHK NTB Teken MoU Perlindungan Hutan

Rab, 21 Feb 2024 05:20:31am

Mataram, metrodompu.xom - Rabu, 21 Februari 2024 bertempat di Mataram NTB, PT Sumbawa Timur Mining (STM) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan...

PPDI Pertanyakan Lambannya Penetapan Pagu ADD 2024

Sel, 20 Feb 2024 02:31:04pm

Dompu, metrodompu.com - Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Dompu mempertanyakan kelambanan Dinas teknis yaitu DPMPD...

Ayo Recycle! Kegiatan Seru PMM UMM bersama Siswa-Siswi SD Negeri SOOKO 1

Sab, 17 Feb 2024 10:06:15am

Mojokerto, metrodompu.com - Februari 2024 sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program Pengabdian Masyarakat oleh...

KPU Dompu Gelar Rakor Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ming, 11 Feb 2024 03:39:23am

Dompu, metrodompu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dompu, pada Sabtu, 10 Pebruari 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan...

Kuasai Narkotika Jenis Shabu, Seorang Warga Mumbu Diringkus di Cabang Sipon

Sen, 5 Feb 2024 11:37:24am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana menjual, membeli,...

Ratusan Warga Desa Adu Blokir Jalan, Kendaraan PT. STM Dirusak, Kapolres Turun Tangan

Ming, 4 Feb 2024 10:33:55pm

Dompu, metrodompu.com - Ratusan warga Desa Adu, Kecamatan Hu'u Turun ke Jalan Raya Lintas Lakey, Kecamatan Hu'u persis depan Kantor Desa setempat,...

Bhabinkamtibmas Desa Banggo Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Sosling

Ming, 4 Feb 2024 10:26:58pm

Dompu, metrodompu.com - Salah satu personil Polsek Manggelewa, Brigadir Khairul Anwar, pada Sabtu (3/2/2023) sekira pukul 09.30 Wita menyambangi...

Kapolsek Dompu Blusukan di Kampo Samporo, Serap Aspirasi Warga Pasar

Ming, 4 Feb 2024 10:18:10pm

Dompu, metrodompu.com - Bertempat di Areal Pasar Tradisional Dompu, Kapolsek Iptu Arif Syarifuddin, SH berkesempatan menyerap aspirasi Masyarakat dan...

SMAN 2 Woja Gelar In House Training Penyusunan Perangkat Ajar

Sab, 3 Feb 2024 01:48:39am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar tahun 2024, maka SMA...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor