Peringati Hari Jadi ke 10, berita11.com Beri Penghargaan kepada Badan Publik

Sen, 19 Apr 2021 12:47:47pm 1 author Metro Dompu
IMG_20210419_203541

Dompu – metrodompu.com, Berita11.com memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 dengan cara sederhana. Salah satunya memberi penghargaan kepada badan publik yang dianggap memiliki kiprah untuk kepentingan orang banyak.

Editor harian Berita11.com, Nurdin mengatakan, pada momen HUT ke-10, Berita11 memberikan sejumlah penghargaan kepada badan publik seperti Kodim 1614/ Dompu.

Dimana badan publik tersebut dinilai memiliki kiprah dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik melalui publikasi kegiatan atau program secara rutin maupun berkala.

“Selain itu, kami melihat kiprah Kodim 1614/ Dompu dalam upaya menjaga kelestarian hutan dan lingkungan melalui kegiatan penghijauan yang dilakukan Babinsa dan berbagai jajarannya. Itu adalah hal positif yang patut diapresiasi, karena itu berkaitan dengan kepentingan publik,” ujarnya di Dompu, Senin (19/4/2021).

Pria disapa akrab Poris ini menerangkan, piagam penghargaan untuk Kodim Dompu yang diserahkan langsung kepada Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom pada Senin (19/4/2021).

Piagam penghargaan dari Berita11.com juga akan diberikan kepada lembaga public lain dan kampus yang menurut penilaian tim Berita11.com memiliki kiprah baik berkaitan kegiatan sosial dan upaya menjaga lingkungan.

“Sekarang kegiatan-kegiatan badan public cenderung terbuka dan bisa diakses oleh public (masyarakat) melalui pemberitaan di media,” terang Poris

“Menurut kami itu adalah awal yang positif, sepanjang itu bukan berkaitan dengan informasi dikecualikan seperti yang mengganggu keamanan negara dan lain-lain,” sambungnya.

Pria yang saat ini tengah menyelesaikan strata satu Hukum di STIH Muhammadiyah Bima ini memastikan, pemberian piagam penghargaan dari Berita11.com kepada badan publik hanyalah bentuk apresiasi kepada mitra.

Berita11.com tetap berkiprah sebagai media yang independen, bekerja untuk hak-hak dan kepentingan orang banyak.

Karena loyalitas media adalah nilai-nilai kebenaran yang dianut banyak orang (publik). Dan sebagai salah satu media lokal, Berita11.com tetap melaksanakan berbagai fungsi seperti fungsi edukasi, informasi dan fungsi informasi sebagaimana amanat Undang-Undang Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999.

Poris juga mengatakan, piagam penghargaan Berita11.com juga akan diberikan kepada Humas STKIP Taman Siswa Bima, sebagai salah satu lembaga humas perguruan tinggi yang aktif memproduksi informasi kegiatan kampus.

“Kami adalah media yang belajar berkembang. Kami yakin Berita11.com hadir sebagia pelengkap informasi publik di tengah banjir informasi era post truth, era media sosial, era masyarakat menjadi penyebar informasi (citizen journalist) untuk dirinya dan orang lain,” katanya.

Menurut pria yang dikenal cukup ramah dan humoris ini, HUT ke-10 Berita11.com momen special bagi media yang dia pimpin. Di mana cikal bakal Berita11.com dimulai pada tahun 2011 silam sehingga menjadi kode tambahan dibelakang nama Berita.

Pada awalnya, Berita11 menjadi media komunitas dan diluncurkan secara komersial melalui top level domain pada tahun 2014.

“Kami sadar belum banyak capaian yang kami raih dalam usia sekarang ini. Tapi kami ingin terus menjadi warna bagi publik, bagi pembaca setia kami,” ujarnya.

Selain memberi piagam penghargaan kepada badan public yang dianggap memiliki kiprah positif bagi kepentingan publik, momen HUT ke-10 akan dirayakan secara sederhana oleh Berita11.com melalui kegiatan buka bersama oleh awak media.

Poris mengisyaratkan, Berita11.com group siap memberi warna lain bagi pembaca setiap dengan menyiapkan informasi yang berbeda yang merupakan kombinasi grafis, video, data mendalam, hasil analisis, table sebagai kongkritisasi narasi-deskriptif dari isi berita melalui website Tvsebelas.com yang sudah lebih dari satu tahun diluncurkan.

“Pada era pandemic yang sudah membuat banyak perubahan termasuk membuat industri sekarat, kita harus bergerak cepat, walaupun melalui langkah-langkah kecil. Kita ketahui sekarang adalah era post truth, di mana kadang kebenaran atau era truth hanya angan-angan dan media tidak lagi ekslusif dalam kasta informasi, era banjir informasi melalui medsos. Tetapi kita percaya jurnalisme mendalam seperti reportase, itu yang juga dicari pembaca sekarang,” ujarnya.

Poris kembali menjelaskan, meskipun secara umum media terpukul karena pandemic Covid-19, termasuk media lokal di NTB, Namun masih ada cahaya di ujung lorong yang bisa menjadi penerang bagi media online, termasuk Berita11.com.

Di mana sebagaimana hasil survei Asosiasi Penguna Jasa Internet Indonesia (APJII) pada periode 2019 hingga kuartal 2 tahun 2020 naik menjadi 73,7 persen dari populasi atau setara 196,7 juta pengguna internet, dengan populasi penduduk Indonesia 266,9 juta sebagaimana data BPS.

Pengguna internet terbesar di Pulau Jawa 56,4 persen, diiikuti Pulau Sumatera 22,1 persen, disusul Pulau Sulawesi 7 persen, Kalimantan 6,3 persen, Bali-Nusa Tenggara 5,2 persen dan Maluku-Papuan (3 persen).

“Walaupun kita berdesak-desakan di medsos dan walaupun pola distribusi konten tetap kembali ke Medsos dan bersaing dengan citizen journalist, kita tetap optimis dengan variasi konten yang dibutuhkan, media tetap memiliki panggung sendiri,” ujarnya.

Untuk diketahui, Berita11.com adalah salah satu media yang tergabung dalam Asosiasi Media Siber Indonesia yang menjadi salah satu konstituen Dewan Pers, dimana sejumlah anggota redaksi Berita11.com telah bersertifikat kompeten dari Dewan Pers.

Harapan Pembaca Berita11.com

Sementara itu, Dandim 1614/ Dompu, Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom memberi apresiasi positif atas kiprah Berita11.com sebagai salah satu media yang menyiapkan informasi yang dibutuhkan publik.

“Kami mengharapkan media Berita11.com tetap eksis memberikan informasi terkait masalah, baik sosial, budaya, keamanan, ideology, politik maupun ekonomi di wilayah Kabupaten Dompu. Kemudian untuk lebih aktual dan lebih baiknya langsung mengkonfirmasi pada sumber yang berkompeten,” kata Dandim Dompu saat dimintai testimoni HUT Berita11.com, Senin (19/4/2021). (MD/Tim)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PT. Sumbawa Timur Mining dan DLHK NTB Teken MoU Perlindungan Hutan

Rab, 21 Feb 2024 05:20:31am

Mataram, metrodompu.xom - Rabu, 21 Februari 2024 bertempat di Mataram NTB, PT Sumbawa Timur Mining (STM) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan...

PPDI Pertanyakan Lambannya Penetapan Pagu ADD 2024

Sel, 20 Feb 2024 02:31:04pm

Dompu, metrodompu.com - Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Dompu mempertanyakan kelambanan Dinas teknis yaitu DPMPD...

Ayo Recycle! Kegiatan Seru PMM UMM bersama Siswa-Siswi SD Negeri SOOKO 1

Sab, 17 Feb 2024 10:06:15am

Mojokerto, metrodompu.com - Februari 2024 sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program Pengabdian Masyarakat oleh...

KPU Dompu Gelar Rakor Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ming, 11 Feb 2024 03:39:23am

Dompu, metrodompu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dompu, pada Sabtu, 10 Pebruari 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan...

Kuasai Narkotika Jenis Shabu, Seorang Warga Mumbu Diringkus di Cabang Sipon

Sen, 5 Feb 2024 11:37:24am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana menjual, membeli,...

Ratusan Warga Desa Adu Blokir Jalan, Kendaraan PT. STM Dirusak, Kapolres Turun Tangan

Ming, 4 Feb 2024 10:33:55pm

Dompu, metrodompu.com - Ratusan warga Desa Adu, Kecamatan Hu'u Turun ke Jalan Raya Lintas Lakey, Kecamatan Hu'u persis depan Kantor Desa setempat,...

Bhabinkamtibmas Desa Banggo Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Sosling

Ming, 4 Feb 2024 10:26:58pm

Dompu, metrodompu.com - Salah satu personil Polsek Manggelewa, Brigadir Khairul Anwar, pada Sabtu (3/2/2023) sekira pukul 09.30 Wita menyambangi...

Kapolsek Dompu Blusukan di Kampo Samporo, Serap Aspirasi Warga Pasar

Ming, 4 Feb 2024 10:18:10pm

Dompu, metrodompu.com - Bertempat di Areal Pasar Tradisional Dompu, Kapolsek Iptu Arif Syarifuddin, SH berkesempatan menyerap aspirasi Masyarakat dan...

SMAN 2 Woja Gelar In House Training Penyusunan Perangkat Ajar

Sab, 3 Feb 2024 01:48:39am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar tahun 2024, maka SMA...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor