Refleksi 1 Tahun Kepemimpinan AKJ – Syah

Kam, 3 Mar 2022 10:48:29pm 34 author Metro Dompu
compressed_1646347220232

Dompu – metrodompu.com, Tahun pertama menjadi Bupati Dompu dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST., MT memaparkan 5 (lima) komoditas unggulan daerah yakni Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan (JARAPASAKA).

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kader Jaelani dalam pidato agenda satu tahun kepemimpinannya yang dirangkaikan dengan Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW di Aula Pendopo Bupati Dompu, Jumat malam (25/2/2022).

Dalam waktu satu tahun berjalan lebih banyak menitikberatkan pada proses menyiapkan langkah-langkah strategis, untuk kemajuan Kabupaten Dompu.

langkah penting pertama yang diambil adalah menetapkan 5 Komoditas Unggulan Daerah, untuk dikembangkan sebagai komoditas utama dengan memperhatikan potensi yang ada di daerah ini. 5 (lima) komoditas tersebut adalah jagung, porang, padi, sapi dan ikan atau JARAPASAKA,” papar Bupati AKJ.

Dikemukakan AKJ, penetapan JARAPASAKA sebagai komoditas unggulan, tidak terlepas dari mata pencaharian utama masyarakat. Menurut data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), sektor pertanian, peternakan dan perikanan memiliki kontribusi sebesar 40 persen.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa potensi sumber daya alam yang dimiliki daerah Kabupaten Dompu sangat besar. Namun pengelolaan terhadap potensi itu masih dilakukan secara konvensional. 

“Dalam rencana kami mengembangkan komoditas unggulan JARAPASAKA tersebut, akan dikelola secara cerdas dari hulu sampai hilir.

Mulai dari petani, pelaku UMKM, koperasi, Bumdes sampai dengan perusahaan daerah, sehingga tercipta sebuah siklus ekonomi yang menguntungkan dengan mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai,” urainya.

AKJ menerangkan siklus ekonomi berbasis komoditi unggulan ini disebut dengan PASAKA DESA, yaitu sebuah siklus aktivitas ekonomi pedesaan berbasis agribisnis yang berkelanjutan. 

Ditambahkan pula oleh Bupati AKJ bahwa Pemerintah Kabupaten Dompu di tahun 2022 masih fokus pada pencapaian program prioritas JARAPASAKA/PASAKA DESA dengan mengalokasikan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat melalui UMKM dan IKM. 

“Tahun 2022 telah direncanakan menumbuhkan 375 UMKM/IKM baru, pembentukan sedikitnya 8 koperasi milenial yang bergerak pada komoditi unggulan, pengembangan BUMDES dengan memberikan stimulus kepada 8 BUMDES terpilih, penyelenggaraan Diklat Berbasis Kompetensi, serta fasilitasi pengembangan komoditi unggulan daerah JARAPASAKA,” jelasnya.

Terkait dengan komoditi tanaman jagung, AKJ-SYAH telah melakukan upaya dalam mewujudkan kestabilan harga dengan membangun komunikasi dengan pemilik gudang atau perusahaan jagung agar mau membeli dengan harga yang tinggi. 

“Walau kami tidak memiliki kewenangan untuk menentukan harga komoditas pertanian yang merupakan kebijakan nasional, namun kami telah melakukan upaya kestabilan harga komoditi pertanian dengan membangun komunikasi dengan pemilik gudang atau perusahaan jagung agar mau mengambil hasil pertanian dengan harga yang tinggi. seperti pada panen jagung tahun 2021 dari kebiasaan harga maksimal tahun sebelumnya sebesar Rp. 3.300 perkilogram, naik bahkan menjadi Rp. 4.750 perkilogram,” sebut AKJ.

Kemudian pada pengembagan tanaman porang salah satu hal yang telah dilakukan adalah membangun kemitraan dengan pihak Centre For Sustainable Farm System (CESFARM) Universitas Mataram dalam upaya pendampingan teknis budidaya maupun kemitraan pemasaran.

Bentuk konkret lain dalam mengimplementasikan Program JARA PASAKA, AKJ-SYAH telah memulai program fish estate sebagai upaya mengelola sektor perikanan berbasis ekologi yang diharapkan akan menumbuhkan investasi pada sektor perikanan. 

Di tahun 2022 ini, selain masih fokus pada pengembangan JARAPASAKA, AKJ-SYAH juga menitikberatkan pada perbaikan pelayanan fasilitas umum. Antara lain adalah penanganan air bersih perkotaan, penyediaan penerangan lampu jalan, serta perbaikan pelayanan publik.

 “Kami sedang mempersiapkan solusi yang terbaik di tengah kondisi keuangan daerah yang relatif terbatas dan permasalahan ini akan menjadi atensi kami untuk diselesaikan selama periode kepemimpinan kami,” imbuhnya (ADV).

 

 

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

PT. Sumbawa Timur Mining dan DLHK NTB Teken MoU Perlindungan Hutan

Rab, 21 Feb 2024 05:20:31am

Mataram, metrodompu.xom - Rabu, 21 Februari 2024 bertempat di Mataram NTB, PT Sumbawa Timur Mining (STM) dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan...

PPDI Pertanyakan Lambannya Penetapan Pagu ADD 2024

Sel, 20 Feb 2024 02:31:04pm

Dompu, metrodompu.com - Pengurus Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Dompu mempertanyakan kelambanan Dinas teknis yaitu DPMPD...

Ayo Recycle! Kegiatan Seru PMM UMM bersama Siswa-Siswi SD Negeri SOOKO 1

Sab, 17 Feb 2024 10:06:15am

Mojokerto, metrodompu.com - Februari 2024 sekelompok Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang mengadakan sebuah program Pengabdian Masyarakat oleh...

KPU Dompu Gelar Rakor Persiapan Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024

Ming, 11 Feb 2024 03:39:23am

Dompu, metrodompu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Dompu, pada Sabtu, 10 Pebruari 2024 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan...

Kuasai Narkotika Jenis Shabu, Seorang Warga Mumbu Diringkus di Cabang Sipon

Sen, 5 Feb 2024 11:37:24am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana menjual, membeli,...

Ratusan Warga Desa Adu Blokir Jalan, Kendaraan PT. STM Dirusak, Kapolres Turun Tangan

Ming, 4 Feb 2024 10:33:55pm

Dompu, metrodompu.com - Ratusan warga Desa Adu, Kecamatan Hu'u Turun ke Jalan Raya Lintas Lakey, Kecamatan Hu'u persis depan Kantor Desa setempat,...

Bhabinkamtibmas Desa Banggo Sambangi Warga Binaan Sampaikan Pesan Kamtibmas dan Sosling

Ming, 4 Feb 2024 10:26:58pm

Dompu, metrodompu.com - Salah satu personil Polsek Manggelewa, Brigadir Khairul Anwar, pada Sabtu (3/2/2023) sekira pukul 09.30 Wita menyambangi...

Kapolsek Dompu Blusukan di Kampo Samporo, Serap Aspirasi Warga Pasar

Ming, 4 Feb 2024 10:18:10pm

Dompu, metrodompu.com - Bertempat di Areal Pasar Tradisional Dompu, Kapolsek Iptu Arif Syarifuddin, SH berkesempatan menyerap aspirasi Masyarakat dan...

SMAN 2 Woja Gelar In House Training Penyusunan Perangkat Ajar

Sab, 3 Feb 2024 01:48:39am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar tahun 2024, maka SMA...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor