Screenshot_2023-09-27-11-03-27-44_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7_1695783868176

Mataram – metrodompu.com, Menjelang pelaksanaan Event Internasional Grand Prix Of Indonesia 2023 di Mandalika dan pelaksanaan Pesta Demokrasi (Pemilu) serentak 2024 mendatang. Satuan Brimob Polda NTB Gencar Melaksanakan Latihan internal dan juga latihan bersama Satker lain yang ikut terlibat dalam Pengamanan dan simulasi Sispam Kota, dalam rangka persiapan menjelang Pengamanan Event Grand Prix 2023.

Khusus Brimob NTB pelaksanaan latihan secara rutin ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel Brimob NTB, serta kesiapsiagaan personil dalam menghadapi dinamika perkembangan situasi kamtibmas di Provinsi Nusa Tenggara Barat, terkhusus saat Sebelum Melaksanakan Pengamanan dan Pada waktu pelaksanaan pengamanan mendatang diharapkan situasi kamtibmas di Wilayah Hukum Polda NTB tetap kondusif.

Terpantau dilapangan Komandan Satuan Brimob Polda NTB Kombes Pol. Komaruz Zaman, S.I.K, MH turun langsung di lapangan memimpin latihan Penanganan Huru-Hara, Latihan Kemampuan Anti Anarkis Detasemen 45 dan latihan kemampuan khsusus lainya yang hanya dimiliki oleh Personel Brimob.

Pelaksanaan latihan ini di laksanakan di lapangan Markas Komando M. Jasin.
Ditemui saat selesai latihan, Komaruz mengatakan latihan peningkatan keterampilan pengamanan penting agar prosedur pengamanan di lapangan tidak salah terutama dalam menghadapi Event MotoGp/pertmina Grand Prix Of Indonesia 2023.

“Setiap hari kita laksanakan latihan, latihan dan latihan. Jangan kaget kalau lihat anggota saya setiap hari ada di tengah lapangan, panas panasan sambil latihan, latihan kena sinar matahari, badan sehat_” Ungkap Komaruz bersamaan dengan tawa kecilnya waktu dimintai keterangan.

Lanjut Dansat Brimob, dengan dilaksanakannya pola pelatihan secara rutin ini, secara tidak langsung dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan personel saat menghadapi dinamika di lapangan, mental emosional sudah terbentuk. Artinya, personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik saat pelaksanaan pengamanan berlangsung.

“ _Sehingga apabila sampai terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan saat Event pelaksanaan MotoGp. Anggota saya bisa mengambil keputusan yang benar sesuai aturan dan hukum yang berlaku_” Ungkapnya.

Perlu di ketahui Latihan yang di laksanakan Brimob Polda NTB Dilaksanakan serentak Oleh Jajaran Brimob dari Pulau Lombok sampai Timur Pulau Sumbawa, Satker lain yang terlibat dalam Persiapan pengamanan Event MotoGp juga menggelar latihan di Satkernya masing-masing.

Setelah masing-masing Satker melaksanakan latihan internal akan dipadukan Serentak di Lapangan Bharadaksa Polda NTB, sehingga pelaksanaan Simulasi bisa dilaksanakan dengan baik dan sesuai SOP yang Berlaku.

Untuk pelaksanaan Latihan Simulasi MotoGP akan dilaksanakan di Lapangan Parkir Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Selasa, 03 Oktober mendatang.

Dansat Brimob Polda NTB Kombes Pol. Komaruz Zamaan, S.I.K, MH mengatakan Latihan Pengamanan ini sudah di laksanakn jajaran Brimob NTB dan Satker yang terlibat, latihan berlangsung hampir sebulan. Lanjut Dansat Brimob, persiapan latihan yang berlangsung lama, bermaksud untuk memadukan setiap pergerakan atau penindakan saat simulasi berlangsung. Karena ada 5 Satker yang ikut terlibat dalam Simulasi Sispam Kota, jadi saat anggota melaksanakan pengamanan, anggota sudah tahu tugas dan perannya masing-masing selama pengamanan berlangsung.

“ _Kita punya tantangan sendiri untuk pelaksanaan simulasi Sispam kota ini, walaupun kita sudah sering melaksanakannya. Selama latihan berlangsung kita tidak ada kendala, dan saya berharap waktu pelaksanaannya nanti akan berjalan dengan lancar, sesuai apa yang kita harapkan selama latihan. SOP simulais tetap jadi pedoman kita dan pada saat waktu pelaksanaannya nanti tidak keluar dari jalur yang kita sudah latihkan_”

” _Sehingga pimpinan dan masyrakat yang menonton, menilai kita sudah sangat siap mengamankan Event Internasional Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 yang berlangsung selama 3 hari, Tanggal 13-15 Oktober mendatang_” Lanjut Komaruz

Pelaksanaan Simulais Sispam Kota, tidak haya dilaksanakan di Pulau Lombok, kegiatan ini juga dilaksanakan oleh jajaran Brimob di Pulau Sumbawa, tepatnya di Bima, di Lapangan apel Kantor Bupati Kabupaten Bima. Personel Batalyon C Pelopor bergabung bersama Anggota Polres Bima Kota , Polres Kabupaten Bima dan Polres dompu.

Berbeda dengan Personel Brimob yang ada di Pulau Lombok, yang melaksanakan latihan untuk persiapan Pengamanan Pelaksanaan Event MotoGp. Di Kabupaten Bima Simulasi Sispam Kota dilaksanakan untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024 mendatang. Dan Hal ini di benarkan Oleh Dansat Brimob Polda NTB.

“ _Perlu saya kasih tau, Yang melaksanakan kegiatan Simulasi ini tidak hanya Personel yang ada di pulau Lombok, di Bima juga melaksanakan kegiatan yang sama seperti disini, Bergabung dengan beberapa Polres, temanya aja yang beda, Kalau di Bima kita fokuskan Simulasi Untuk Pengamanan Pemilu 2024, kalau di Lombok, karena berdekatan dengan Jadwal event MotoGp pelaksanaan simulasi kita fokuskan untuk persiapan pengamanan Grand Prix Of Indonesia 2023/MotoGP Mandalika Oktober Mendatang, yang jelas Brimob NTB selalu siap di tugaskan, Pemilu kita siap, MotoGp juga kita siap_” ujar Komaruz.”

Selain kesiapan personel, Jajaran Brimob Polda NTB juga rutin melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan tugas pengamanan.

“Saya Sebagai Komandan Satuan Brimob Polda NTB memastikan, anggota saya selalu siap ketika dibutuhkan_” Tegas Komaruz. Yang sudah menjabat selama 3 Tahun sebagai Komandan Satuan Brimob Polda NTB. (MD01)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Rowassidik Bareskrim Polri Gelar Perkara Khusus Atas Pengaduan PT Artha Bumi Mining

Kam, 20 Jun 2024 02:42:06pm

Jakarta, metrodompu.com - Kasus dugaan pemalsuan dokumen izin tambang yang ditangani Polda Sulawesi Tengah diawasi oleh Badan Reserse Kriminal...

Pelayanan Prima, RSUD Dompu Siapkan Fasilitas Memadai

Jum, 14 Jun 2024 11:21:31pm

Dompu, Metro Dompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan RSUD Dompu harus memiliki tenaga medis yang handal serta alat-alat yang...

Audensi dan Silaturrohim Pengurus LDII dan Pengurus MUI Kota Mataram Berlangsung Khidmat

Sen, 10 Jun 2024 10:40:26pm

Mataram, metrodompu.com - Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota mataram melaksanakan  audensi dan silaturahim dengan Pengurus...

Hari LH Sedunia, PT. STM Upayakan Restorasi Tanah Melalui Instalasi Lubang Biopori

Sab, 8 Jun 2024 11:01:56pm

Dompu, metrodompu.com– Dalam rangka Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u...

Tim P3PD NTB Evaluasi Tupoksi BPD dan LKD di Desa Nowa Dompu

Kam, 6 Jun 2024 03:53:13am

Dompu, metrodompu.com - Tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) provinsi NTB melakukan evaluasi Kinerja Badan Permusyawaratan...

Menparefkraf Dipastikan Hadiri Dompu Expo, Sekda Imbau Seluruh Elemen Bersiap Lebih Awal

Sen, 3 Jun 2024 08:17:44am

Dompu, metrodompu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, H. Muhammad Salahudin Uno, dipastikan akan menghadiri dan membuka...

Dompu Expo Digelar 24 – 29 Juni, Sejumlah OPD Tampilkan Produk Unggulan

Ming, 2 Jun 2024 01:57:47am

Dompu, metrodompu.com - Geliat Pemerintah Kabupaten Dompu dalam memajukan daerah dan mempromosikan Dompu semakin gencar, terbukti dalam waktu dekat,...

Pengawas Pemilihan Kelurahan dan Desa Pilkada 2024 Dilantik

Sab, 1 Jun 2024 01:45:21pm

Dompu, metrodompu.com - Prosesi Pelantikan Pengawas Pemilihan Kelurahan /Desa se Kabupaten Dompu yang digelar pada Sabtu, 1 Juni 2024 bertempat di...

Rapat Paripurna DPRD, Bupati AKJ Sampaikan Tiga Raperda Inisiatif

Jum, 31 Mei 2024 09:44:51pm

Dompu, metrodompu.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu yang berlangsung di Aula Sidang DPRD setempat mengagendakan penyampaian 3 (tiga)...

Fasilitas Berkelas Hotel Berbintang RSUD Dompu, Diresmikan

Jum, 31 Mei 2024 09:01:28am

Dompu, metrodompu.com - Bupati Dompu, H. A kader Jaelani yang didampingi Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST, MT, serta Ketua DPRD, H. Andi Bachtiar...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor