STM Kucurkan Beasiswa Untuk 100 Siswa Dompu

Sen, 14 Agu 2023 02:23:33pm 61 author Metro Dompu
Screenshot_2023-08-14-22-11-50-78_6012fa4d4ddec268fc5c7112cbb265e7_1692022472749

Dompu – metrodompu.com, STM berupaya meningkatkan kualitas pendidikan industri pertambangan di Kabupaten Dompu dengan memberikan beasiswa di Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM)

Sumbawa, 14 Agustus 2023: PT Sumbawa Timur Mining (STM), perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd dan PT Antam Tbk., bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengumumkan proyek percontohan untuk meluncurkan program beasiswa baru. Beasiswa ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan memberikan kesempatan pendidikan di bidang pengoperasian alat berat.

Dengan komitmen terhadap pembangunan berkelanjutan dan pemberdayaan masyarakat, PT STM menyadari pentingnya berinvestasi di bidang pendidikan dan mengembangkan tenaga-tenaga profesional terampil. Mereka nantinya dapat berkontribusi terhadap kemajuan industri pertambangan.

Melalui program beasiswa ini, perusahaan bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendukung individu-individu yang memiliki minat dalam bidang teknik alat berat dan keinginan untuk berkontribusi pada pertumbuhan sektor pertambangan.

Bede Evans, Direktur Utama PT STM mengatakan bahwa program beasiswa ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia, khususnya di bidang pendidikan, di wilayah Dompu.

“Kami percaya bahwa mengembangkan talenta lokal sangat penting untuk kesuksesan dan keberlanjutan jangka panjang sektor pertambangan. Melalui program beasiswa ini, kami bertujuan untuk mempromosikan keberagaman dan inklusi dalam industri ini, memberdayakan individu dari berbagai latar belakang untuk mengejar karir di bidang teknik alat berat dan berkontribusi pada kemajuan sektor pertambangan,” katanya.

Dia menjelaskan bahwa program beasiswa ini akan mendanai pendidikan 100 siswa Dompu untuk menjalani studi di bidang teknik alat berat. Setelah menyelesaikan studi, mereka akan dibekali dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk bekerja di industri pertambangan atau industri terkait lainnya.

Program beasiswa ini akan memberikan bantuan keuangan dan kesempatan pendidikan bagi siswa yang layak untuk mengejar gelar sarjana di bidang teknik alat berat. Program ini terbuka untuk siswa dari Dompu dan sekitarnya.

Kandidat penerima beasiswa dipilih berdasarkan prestasi akademik yang luar biasa, etos kerja yang kuat, dan minat yang tulus dalam industri pertambangan. Kandidat akan diseleksi oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah NTB (BRIDA) dan Akademi Komunitas Olat Maras (AKOM), sebuah sekolah vokasi yang menawarkan program diploma (D1) di bidang Teknik Alat Berat.

Bagi calon peserta yang berminat dapat mencari informasi lebih lanjut dari BRIDA dan AKOM.Selain dukungan finansial, program beasiswa ini juga akan membuka kesempatan bagi para peserta untuk berkarir di berbagai perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli di bidang alat berat, baik di STM maupun perusahaan lainnya.

Inisiatif ini akan memungkinkan para penerima beasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis, meningkatkan kemampuan teknis, dan menjalin hubungan yang berharga dalam industri pertambangan. “Komitmen PT STM adalah untuk memberikan manfaat bagi sumber daya manusia di wilayah Dompu sehingga masyarakat setempat dapat menjadi bagian dari pengembangan Proyek Hu’u,” lanjut Evans.

Program beasiswa ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT STM untuk memajukan pendidikan di NTB. Sebelumnya, perusahaan telah memberikan beasiswa kepada para pelajar di Kecamatan Hu’u, program pendampingan bagi para guru, dan edukasi pertanian ramah lingkungan bagi anak-anak sekolah.

Selain beasiswa khusus alat berat, PT STM juga memberikan beasiswa prestasi kepada 40 penerima beasiswa tahun ini. Beasiswa prestasi diberikan kepada mahasiswa berprestasi dengan nilai IPK tinggi dari Kabupaten Dompu.

Para penerima beasiswa ini sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri maupun swasta dan diprioritaskan bagi mereka yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan pertambangan dan pendukungnya. Pengumuman beasiswa prestasi akan dilaksanakan pada tanggal 29 September 2023.

Sebelumnya, sebagai pengakuan atas program-programnya yang berfokus pada pendidikan, Corporate Forum for CSR Development (CFCD) dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia memberikan dua penghargaan kepada PT STM dalam acara Sustainability Development Goals Award (ISDA) 2022. Dua penghargaan tersebut adalah Gold Award untuk Program Pemberantasan Buta Aksara dan Gold Award untuk Program Peningkatan Kualitas Pendidikan. (MD01)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Rowassidik Bareskrim Polri Gelar Perkara Khusus Atas Pengaduan PT Artha Bumi Mining

Kam, 20 Jun 2024 02:42:06pm

Jakarta, metrodompu.com - Kasus dugaan pemalsuan dokumen izin tambang yang ditangani Polda Sulawesi Tengah diawasi oleh Badan Reserse Kriminal...

Pelayanan Prima, RSUD Dompu Siapkan Fasilitas Memadai

Jum, 14 Jun 2024 11:21:31pm

Dompu, Metro Dompu.com - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan RSUD Dompu harus memiliki tenaga medis yang handal serta alat-alat yang...

Audensi dan Silaturrohim Pengurus LDII dan Pengurus MUI Kota Mataram Berlangsung Khidmat

Sen, 10 Jun 2024 10:40:26pm

Mataram, metrodompu.com - Pengurus DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota mataram melaksanakan  audensi dan silaturahim dengan Pengurus...

Hari LH Sedunia, PT. STM Upayakan Restorasi Tanah Melalui Instalasi Lubang Biopori

Sab, 8 Jun 2024 11:01:56pm

Dompu, metrodompu.com– Dalam rangka Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u...

Tim P3PD NTB Evaluasi Tupoksi BPD dan LKD di Desa Nowa Dompu

Kam, 6 Jun 2024 03:53:13am

Dompu, metrodompu.com - Tim Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) provinsi NTB melakukan evaluasi Kinerja Badan Permusyawaratan...

Menparefkraf Dipastikan Hadiri Dompu Expo, Sekda Imbau Seluruh Elemen Bersiap Lebih Awal

Sen, 3 Jun 2024 08:17:44am

Dompu, metrodompu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, H. Muhammad Salahudin Uno, dipastikan akan menghadiri dan membuka...

Dompu Expo Digelar 24 – 29 Juni, Sejumlah OPD Tampilkan Produk Unggulan

Ming, 2 Jun 2024 01:57:47am

Dompu, metrodompu.com - Geliat Pemerintah Kabupaten Dompu dalam memajukan daerah dan mempromosikan Dompu semakin gencar, terbukti dalam waktu dekat,...

Pengawas Pemilihan Kelurahan dan Desa Pilkada 2024 Dilantik

Sab, 1 Jun 2024 01:45:21pm

Dompu, metrodompu.com - Prosesi Pelantikan Pengawas Pemilihan Kelurahan /Desa se Kabupaten Dompu yang digelar pada Sabtu, 1 Juni 2024 bertempat di...

Rapat Paripurna DPRD, Bupati AKJ Sampaikan Tiga Raperda Inisiatif

Jum, 31 Mei 2024 09:44:51pm

Dompu, metrodompu.com - Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu yang berlangsung di Aula Sidang DPRD setempat mengagendakan penyampaian 3 (tiga)...

Fasilitas Berkelas Hotel Berbintang RSUD Dompu, Diresmikan

Jum, 31 Mei 2024 09:01:28am

Dompu, metrodompu.com - Bupati Dompu, H. A kader Jaelani yang didampingi Wakil Bupati, H. Syahrul Parsan, ST, MT, serta Ketua DPRD, H. Andi Bachtiar...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor