Tuntut Transparansi, Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di Kantor Desa Ranggo

Sen, 15 Jun 2020 01:03:47pm 6 author Metro Dompu

Dompu – Metrodompu.com

Kepolisian Sektor Pajo dan personil Satuan Sabhara Polres Dompu melakukan pengamanan aksi unjuk rasa Ratusan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Pajo Mataram (HMPM) dan Forum Komunikasi Mahasiswa Pajo Makassar (FKMPM) serta Ikatan Mahasiswa Pemuda Ranggo (IMPR) di kantor Desa Ranggo Kecamatan Pajo, Senin (15/6).

Unjuk rasa mahasiswa melakukan aksinya menuntut transparansi terkait data penerima Bantuan Sosial (Bansos) Langsung Tunai dari Dana Desa warga miskin dan rentan miskin dampak covid-19. Aksi unjuk rasa yang melibatkan kurang lebih 300 mahasiswa tersebut menuntut keterbukaan terkait data hasil pembagian Dana bantuan sosial PKH, JPS Gemilang, JPS Terpijar dan BLT Dana Desa.

“Mahasiswa menuntut Kades untuk membagikan bantuan secara merata karena masih banyak warga miskin yang tidak menerima bansos tersebut,” katanya di sisi lain Massa aksi juga menuntut Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Ranggo untuk mengundurkan diri karena tidak memberikan berita acara penetapan penerima bantuan covid19 saat diminta dan baru menyerahkannya sekarang.

“Berita acara yang kami minta baru dikasih hari ini, sangat menimbulkan kecurigaan bahwa ada manipulasi data,” kata Koordinator lapangan, Syarif saat berorasi di depan kantor Desa Ranggo.

Massa juga mencurigai bahwa adanya penyalahgunaan Anggaran Dana Desa yang digunakan untuk bantuan langsung tunai berupa pengurangan anggaran. Massa aksi juga memberikan tekanan jika dalam tenggat waktu satu Minggu tuntutan massa aksi tidak dipenuhi maka massa akan menyegel kantor Desa Ranggo dan akan melanjutkan unjukrasa selanjutnya, bahkan massa yang lebih banyak serta mengancam akan membawa kasus ini ke ranah hukum.

Koordinator Lapangan aksi unjukrasa, Syarif mengatakan bahwa kehadirannya bersama mahasiswa lainnya adalah untuk menegakan keadilan dalam penyaluran bansos di Desa Ranggo.

Sementara Faisal, Korlap FKMPM juga menuntut Kades untuk segera memperbaharui data warga miskin agar pembagian tepat sasaran dan tak ada kecurangan di dalamnya.

“Apabila Pemdes tidak mampu mengurus bansos untuk masyarakat maka segeralah mengundurkan diri,” kata Korlap HMPM, Midun.

Kapolsek Pajo, Iptu Rusdi SH melakukan koordinasi dengan Kades Ranggo terkait tuntutan massa untuk berdialog secara terbuka.

Pada sekitar pukul 11.48 WITA, Kades Ranggo, Sumarni menemui massa aksi dan menjawab sejumlah tuntutan di antaranya, sebagian besar tuntutan massa sudah disampaikan seperti data penerima bantuan dampak covid-19.

Kades juga menunggu perwakilan dari mahasiswa untuk melakukan klarifikasi data sehingga data dapat dipadukan.

Massa aksi mendapat pengamanan ketat dari anggota Polres Dompu yang dipimpin Iptu Rudolfo De Araujo dan anggota Polsek Pajo yang dipimpin Iptu Rusdi SH.

Anggota Sabhara di bawah pimpinan Kasat Sabhara, Iptu Baloq Suswantoro juga melakukan pengamanan ekstra ketat terhadap massa aksi,meski hampir ricuh namun petugas kepolisian yang melakukan pengamanan tetap berusaha menenangkan massa aksi tanpa ada tindakan arogansi.

Karena tidak puas dengan tanggapan Kades Ranggo, Siti Sumarni. Massa menerobos barisan brikade petugas keamanan untuk menyegel kantor Desa Ranggo.

Aparat keamanan dari Polres Dompu yang kalah jumlahnya tidak dapat membendung ratusan massa dan akhirnya massa menyegel kantor desa tersebut di bawah koordinator salah satu Korlap, Rian.

“Massa menyegel kantor menggunakan Kayu dan gerbang pun dikunci oleh massa,” katanya.

Massa aksi mengancam apabila ada yang membuka segel yang dilakukan massa, maka akan menerima resiko yakni mendapat perlawanan keras dari massa dan masyarakat Ranggo.

Tidak menutup kemungkinan dampak dari penyegelan kantor Desa akan mengakibatkan terhambatnya proses penyaluran bansos dampak covid19 dan berpotensi menimbulkan konflik sosial antara massa dengan masyarakat Desa Ranggo lainnya yang membutuhkan pelayanan publik di Pemdes Ranggo.

Kapolsek Pajo bersama anggota tetap melakukan upaya penggalangan dengan ke tiga korlap massa aksi dan melakukan koordinasi dengan pihak desa agar segera ditemukan solusi terkait masalah tersebut. (MD-01)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tersandung Narkoba, Seorang Pegawai Honorer Diciduk Tim Opsnal Polres Dompu

Sab, 20 Apr 2024 12:39:16am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pegawai honorer di Dompu inisial EN tersandung kasus kepemilikan barang haram Narkotika jenis shabu. Terduga di ciduk...

Kepala Dinas Sosial Mengucapkan Selamat HUT Dompu ke 209

Kam, 18 Apr 2024 11:37:14am

  Keluarga Besar Dinas Sosial Kabupaten Dompu Mengucapkan : Selamat Hari Jadi Dompu Ke 209 11 April 1815 - 11 April 2024   Kepala...

Kuasai Shabu, Pria asal Baka Jaya Diringkus Tim Opsnal Polres Dompu

Rab, 17 Apr 2024 02:45:14am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pria berinisial JLK warga Dusun Woro Desa Bakajaya Kecamatan Woja tak berkutik di ciduk tim opsnal Satresnarkoba...

Kapolres Dompu Ungkap Sejumlah Kasus Miras Hasil Operasi Pekat Rinjani

Sab, 6 Apr 2024 11:05:34am

Dompu, metrodompu.com - Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Muhamad Sofyan S.Sos dan Kasat Reskrim AKP Ramli SH...

Peringati Nuzulul Qur’an, SMKN 1 Kempo Bukber dan Berbagi Takjil

Kam, 4 Apr 2024 04:28:21am

Dompu, metrodompu.com - Keluarga Besar SMKN 1 Kempo memperingati Nuzulul Qur'an yg dirangkaikan dengan Kegiatan Buka Puasa bersama (BUKBER) serta...

Direktur RSUD Manggelewa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Sel, 2 Apr 2024 04:04:50am

    Keluarga Besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manggelewa Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024...

Marak Kecurangan Penjualan BBM, Polres Dompu Pantau SPBU

Ming, 31 Mar 2024 08:16:25am

Dompu, metrodompu.com - Seiring kerap terjadinya tindak pidana kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia...

Jaga Kamtibmas Saat Warga Taraweh, Personel Gabungan Polres Dompu Diterjunkan

Sel, 26 Mar 2024 01:02:33pm

Dompu, metrodompu.com - Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban saat warga (umat islam) aman dan kondusif saat pelaksanaan Shalat Taraweh,...

Terduga Pelaku Penganiayaan Warga Desa O’ o Diamankan Polisi

Sel, 26 Mar 2024 11:17:20am

Dompu, metrodompu.com - Tim Puna Polres Dompu Senin (25/3/2024) sekira pukul 00.26 Wita dini hari, mengamankan terduga pelaku Penganiayaan inisial MJ...

Pengedar Sabu di Bali Satu Diringkus Tim Sat Narkoba Polres Dompu

Sel, 26 Mar 2024 05:06:34am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis Sabu,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

SMKN 1 Kempo Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Ming, 17 Mar 2024 04:01:26am

Visitor