Upacara Peringatan HANTARU 2022 BPN Dompu Khidmat

Sen, 26 Sep 2022 09:30:07am 51 author Metro Dompu
compressed_1664183690453

Dompu – metrodompu.com

Upacara Peringatan Hari Tata Ruang (HANTARU) 2022 dilaksanakan di halaman Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu, pada Senin pagi (26/09/2022) berlangsung khidmat.

Upacara Bendera juga memperingati HUT ke 62 UU Nomor 5 tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA) tahun 2022 itu dilaksanakan sederhana dan diikuti secara seksama oleh seluruh peserta upacara.

Upacara dihadiri oleh seluruh pejabat dan pegawai lingkup Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu beserta instansi mitra dan sejumlah Kepala Desa. Turut hadir pula sejumlah pensiunan pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu, I Komang Suarta, SH., MH yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto.

Dikemukakan, pada peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Tahun 2022 ini mengusung tema “Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Cepat, Berkualitas dan Tangguh” dalam rangka mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik, pengaduan, perizinan, penanganan masalah, dan data base yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat yang transparan, cepat, efektif, dan efisien.

“Saya mengingatkan kembali tugas yang saya arahkan pada saat Rakernas sejalan dengan tugas yang diberikan oleh Bapak Presiden kepada saya,” ujar I Komang Suarta membacakan amanat Menteri ATR/BPN.

Untuk melaksanakan arahan Presiden dimaksud, maka supaya bersama-sama melaksanakan:

1. Percepatan pendaftaran tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis
Lengkap (PTSL),

2. Penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan dengan Reforma Agraria serta pemberantasan Mafia Tanah:

3. Dukung percepatan pembangunan IKN.

“Dengan program PTSL kita mendapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun. Capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program PTSL. Hingga saat ini capaian pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidang atau setara dengan 64,7%. Untuk mencapai target 100% pada tahun 2025 harus menyusun strategi yang terbaik. Saya mengingatkan pentingnya mengejar target PTSL namun yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga kualitas produk yang dihasilkan sehingga tidak menimbulkan residu dan masalah di
kemudian hari,” jelasnya.

Menteri Hadi Tjahjanto menyampaikan untuk menyelesaikan sengketa dan konflik pertanahan langsung turun ke lapangan di daerah untuk secara langsung mengidentifikasi akar permasalahan yang ada. Konflik pertanahan sering timbul karena ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah. Oleh karena itu, beberapa permasalahan dapat diatasi dengan skema Reforma Agraria dengan meredistribusikan tanah tanah kepada masyarakat.

“Target Redistribusi Tanah Tahun 2022 sebanyak 424.510 bidang ini harus menjadi perhatian khusus dan segera diselesaikan,” tandasnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa sampai saat ini mafia tanah sangat meresahkan masyarakat, masih banyak pengaduan terkait hal tersebut.

“Oleh karena itu, mari kita bersama-sama memberantas mafia tanah sampai tidak ada lagi mafia tanah di Bumi Indonesia. Kalau masih berani muncul mafia tanah mari kita GEBUG bersama-sama. Untuk itu kita juga harus bersinergi dengan 4 pilar dalam pemberatasan Mafia Tanah antara lain: Kementerian ATR/BPN, Pemerintah Daerah, Aparat Penegak Hukum dan Badan Peradilan,” tegasnya.

Dikemukakan Menteri Hadi Tjahjanto, untuk mendukung percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) harus bersinergi dengan stakeholder terkait, Badan Otorita dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Pada saat ini telah diselesaikan 4 materi teknis RDTR IKN dan 5 lainnya ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022.

“Dalam rangka percepatan PTSL, saya mengajak Gubernur dan Bupati/Wali Kota untuk menyukseskan program ini dengan membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran Pra-PTSL serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan) sehingga target tahun 2025 seluruh bidang tanah di Indonesia terdaftar dapat dicapai. Masih banyak dijumpai kendala sertifikat tidak terbit karena masyarakat tidak mampu membayar BPHTB. Pada kesempatan ini saya mengapresiasi Bupati dan Wali Kota yang telah membebaskan BPHTB kepada masyarakat yang mengikuti program PTSL. Saya berharap hal ini akan diikuti oleh Bupati dan Wali Kota lainnya karena hal ini sangat membantu masyarakat yang kurang mampu dan tentunya mempercepat pelaksanaan program PTSL,” urainya.


Marsekal TNI purnawirawan yang pernah menjabat sebagai Panglima TNI periode 2020-2021 tersebut menyampaikan bahwa Bank Tanah sebagai lembaga yang berfungsi menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan untuk kepentingan umum, sosial, pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan Reforma Agraria, serta mendorong investasi karena dapat dengan cepat menyediakan tanah. Sampai saat ini, belum signifikan dalam memperoleh tanahnya.

“Oleh karena itu, saya imbau kepada Jajaran Kementerian ATR/BPN untuk dapat memanfaatkan tanah yang habis masa berlakunya, tanah-tanah yang tidak termanfaatkan untuk mendukung eksistensi dari Bank Tanah,” ulasnya.


Menteri juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada para Gubernur, Bupati/Wali Kota, Camat, Kepala Desa Oo – Lurah, yang selama ini telah bekerja keras bersama-sama jajaran Kementerian ATR/BPN dalam menyukseskan Program Strategis Kementerian ATR/BPN.

“Ucapan terima kasih yang tulus juga saya sampaikan kepada jajaran Kementerian ATR/BPN di seluruh tanah air atas dedikasi dan kerja kerasnya selama ini, serta semua pihak yang telah membantu pelaksanaan program dan kegiatan Kementerian ATR/BPN,” ucapnya.

Di penghujung sambutannya, Menteri Hadi Tjahjanto mengucapkan selamat merayakan Hari Agraria dan Tata Ruang kepada seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN.

“Semoga dengan momentum peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional kali ini kita wujudkan pelayanan yang terbaik bagi kepentingan Bangsa dan Negara tercinta serta apa yang kita lakukan dapat memberikan manfaat dan nilai tambah untuk banyak orang,” tutupnya.

Upacara berlangsung dengan khidmat. Seluruh personel upacara dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Usai pelaksanaan upacara dilakukan penyerahan cendera mata kepada para pensiunan pegawai Kantor Pertanahan Kabupaten Dompu dan penyerahan sertifikat tanah secara simbolis serta dilanjutkan dengan acara santapan pagi bersama dan acara-acara hiburan. (MD).

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Luar Biasa, Progres Pembangunan Jembatan TMMD di Madaprama Capai 70 Persen

Ming, 12 Mei 2024 07:59:46am

Dompu, metrodompu.com - Hingga hari kelima, pelaksanaan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-120 di Desa Mada Prama, Kabupaten Dompu mencapai 70...

Bermain di Lokasi TMMD, Aksi Anak-anak Jadi Penyemangat Tim Satgas

Ming, 12 Mei 2024 05:08:54am

Dompu, metrodompu.com - Semua anak pasti suka diajak bermain, mereka tak peduli siapa yang mengajaknya bermain baik itu orang dewasa, teman-teman...

Dandim 1614/Dompu dan Jajaran Pantau Langsung Kegiatan TMMD

Sab, 11 Mei 2024 02:44:39am

Dompu, metrodompu.com - Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T., MM, didampingi Pasiter Lettu Inf Hamzah, Danramil Dompu Kapten Kav...

Tim Satgas TMMD Sholat Jum’at Bersama di Masjid Al Jihad Madaprama

Sab, 11 Mei 2024 02:20:01am

Dompu, mwtrodompu.com - Dalam bersosialisasi menjalin silaturahmi bersama warga masyarakat Satgas TMMD melaksanakan Sholat Jumat berjamaah bersama...

Tim Satgas TMMD Kodim 1614/Dompu Genjot Rehab Mushola Assallam Desa Madaprama

Jum, 10 Mei 2024 10:38:10am

Dompu, metrodompu.com - Salah satu item dalam pelaksanaan kegiatan Satgas TMMD 120 Kodim 1614/Dompu yakni Rehabilitasi Mushola Assallam yang...

Kuasai Sabu, Seorang Ibu Rumah Tangga di Manggelewa Diciduk Polisi

Jum, 10 Mei 2024 08:30:35am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu berhasil mengamankan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) inisial AM (35) diduga melakukan...

Maksimalkan Pekerjaan Fisik, Satgas TMMD Kodim 1614/Dompu Kerahkan Sejumlah Alat Berat

Jum, 10 Mei 2024 05:15:56am

Dompu, metrodompu.com - Dalam rangka menyukseskan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 120 Kodim 1614/Dompu Satgas TMMD terus...

PT. STM Sosialisasikan Pencapaian Kinerja 2023 dan Rencana Kerja 2024 Proyek Hu’u

Sel, 7 Mei 2024 09:15:02am

Dompu, metrodompu.com - Selasa, 7 Mei 2024, PT Sumbawa Timur Mining (STM), pemegang Kontrak Karya Proyek Hu’u (proyek eksplorasi mineral tembaga)...

Tim Opsnal Satnarkoba Polres Dompu Ringkus FJ Warga Kadindi Barat

Sab, 4 Mei 2024 07:37:20am

Dompu, metrodompu.com - Peredaran Narkoba saat ini sudah bergeser sampai ke pelosok Desa jauh dari ibukota Kabupaten Dompu, namun demikian pihak...

Pastikan Situasi Aman, Giat Patroli Rutin di Wilayah Polsubsektor Kawasan Lakey.

Sel, 30 Apr 2024 01:51:15am

Dompu, metrodompu.com - Pastikan situasi keamanan dan ketertiban di kawasan obyek wisata Lakey beach kondusif. Senin( 29 April 2024 ) sekira pukul...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

Visitor