IMG-20201213-WA0000_compress65

Sumbawa – metrodompu.com, Proses rekapitulasi perolehan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tingkat kecamatan yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Sumbawa terus berjalan. Pasangan nomor urut 5 Jarot-Mokhlis optimis dan yakin bahwa perolehan suaranya unggul dari paslon lain.

Agar proses demokrasi tidak dicederai oleh pihak-pihak tertentu, calon Bupati Sumbawa dari nomor 5, H Jarot saat ditemui di Sumbawa, Sabtu (12/12) meminta Gabungan Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) yaitu Bawaslu, Polri dan Kejaksaan untuk mendampingi, mengawal ketat proses perhitungan suara sampai selesai.

“Proses perhitungan di beberapa kecamatan saat ini terus berjalan dan kami meminta aparat dan lembaga terkait untuk mengawal ketat proses ini hingga selesai, agar tidak ada pihak-pihak yang dapat menodai demokrasi,” katanya di Sumbawa, Sabtu (12/12).

Ia berharap proses pleno perhitungan suara yang dilakukan di tingkat PPK berjalan aman dan sukses tanpa kendala dan dapat rampung secepatnya.

“Saya berterimakasih kepada semua pihak dan mari kita mengawal seluruh proses ini bersama-sama,” pintanya.

Saat ini tim paslon nomor 5 ini terus mempelajari dan memantau apakah ada potensi atau indikasi yang mengarah ke pelanggaran. Atau, ada hal yang dapat digugat hingga rampung dan selesai proses rekapitulasi di pihak KPU.

Sambil menunggu hasil dari proses rekapitulasi perolehan suara, langkah-langkah hukum dipersiapkan, jika diperlukan. Beberapa tahapan, baik proses kampanye maupun hari tenang ada beberapa kejanggalan yang terkuak. Jika terjadi indikasi bahkan terbukti adanya kecurangan maka pihaknya akan melaporkan hal tersebut ke MK.

Pihaknya juga telah mengimbau baik melalui media maupun secara langsung agar relawan dan simpatisan untuk bersabar dan tetap tenang sambil mengawal proses perhitungan suara dengan teliti.

“Untuk simpatisan dan pendukung Jarot-Mokhlis dimanapun berada agar tetap tenang dan sabar dan menunggu hasil realcount atau hasil resmi dari KPUD dan tetap menjaga kondusifitas,” ujarnya.

Di sisi lain, pihak Jarot-Mokhlis juga telah melakukan komunikasi dengan Paslon lain yaitu nomor 1, 2 dan 3 untuk mendukung jalannya demokrasi yang bersih dan sportif di Pilkada Sumbawa ini.

Aparat juga kini mengamankan proses rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat PPK, yang memang terjadwal dari kemarin. Hari ini Polres Sumbawa megerahkan 1.100 personil gabungan yang diterjunkan di 24 kecamatan.

“Dalam rapat pleno ini , kami all out untuk mengerahkan personel dilapangan guna mengamankan jalannya acara” ucap Kapolres Sumbawa AKBP Widy Saputra SIK melalui Kasubbag Humas Iptu Sumardi S.Sos saat ditemui di Sumbawa, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa sejak kemarin Jumat (11/12) ada 3 kecamatan yang sudah mulai melaksanakan rapat pleno terbuka yakni Kecamatan Alas Barat, Alas, dan Kecamatan Rhee.

“Hari ini sisa 21 Kecamatan yang serentak melaksanakan rapat pleno, alhamdulillah 3 kecamatan yang telah melaksanakan penghitungan suara kemarin berjalan aman dan lancar, semoga hari ini juga aman dan kondusif” Ujarnya.

Kasubag Humas juga mengatakan bahwa hingga hari ini dalam pengamanan rapat pleno, Polres Sumbawa masih mendapatkan bantuan pengamanan dari personel BKO Polda NTB, TNI dan juga Brimob. selain itu 2 Pleton standby di Polres Sumbawa juga dikerahkan untuk melaksanakan patroli diseputaran kota sumbawa guna menghimbau masyarakat, terutama para pendukung pasangan calon agar selalu menciptakan situasi yang kondusif.

Tidak hanya itu, Kapolres Sumbawa melalui Kasubag Humas menegaskan kepada personel di lapangan agar pelaksanaan rapat pleno hari ini harus dimaksimalkan dan selesai tepat waktu. Harapannya seluruh kotak suara dapat bergeser ke gudang logistik KPU Kabupaten Sumbawa, sehingga pengamanan menjadi terpusat hanya di satu titik. (Tim)

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tersandung Narkoba, Seorang Pegawai Honorer Diciduk Tim Opsnal Polres Dompu

Sab, 20 Apr 2024 12:39:16am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pegawai honorer di Dompu inisial EN tersandung kasus kepemilikan barang haram Narkotika jenis shabu. Terduga di ciduk...

Kepala Dinas Sosial Mengucapkan Selamat HUT Dompu ke 209

Kam, 18 Apr 2024 11:37:14am

  Keluarga Besar Dinas Sosial Kabupaten Dompu Mengucapkan : Selamat Hari Jadi Dompu Ke 209 11 April 1815 - 11 April 2024   Kepala...

Kuasai Shabu, Pria asal Baka Jaya Diringkus Tim Opsnal Polres Dompu

Rab, 17 Apr 2024 02:45:14am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pria berinisial JLK warga Dusun Woro Desa Bakajaya Kecamatan Woja tak berkutik di ciduk tim opsnal Satresnarkoba...

Kapolres Dompu Ungkap Sejumlah Kasus Miras Hasil Operasi Pekat Rinjani

Sab, 6 Apr 2024 11:05:34am

Dompu, metrodompu.com - Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Muhamad Sofyan S.Sos dan Kasat Reskrim AKP Ramli SH...

Peringati Nuzulul Qur’an, SMKN 1 Kempo Bukber dan Berbagi Takjil

Kam, 4 Apr 2024 04:28:21am

Dompu, metrodompu.com - Keluarga Besar SMKN 1 Kempo memperingati Nuzulul Qur'an yg dirangkaikan dengan Kegiatan Buka Puasa bersama (BUKBER) serta...

Direktur RSUD Manggelewa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Sel, 2 Apr 2024 04:04:50am

    Keluarga Besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manggelewa Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024...

Marak Kecurangan Penjualan BBM, Polres Dompu Pantau SPBU

Ming, 31 Mar 2024 08:16:25am

Dompu, metrodompu.com - Seiring kerap terjadinya tindak pidana kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia...

Jaga Kamtibmas Saat Warga Taraweh, Personel Gabungan Polres Dompu Diterjunkan

Sel, 26 Mar 2024 01:02:33pm

Dompu, metrodompu.com - Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban saat warga (umat islam) aman dan kondusif saat pelaksanaan Shalat Taraweh,...

Terduga Pelaku Penganiayaan Warga Desa O’ o Diamankan Polisi

Sel, 26 Mar 2024 11:17:20am

Dompu, metrodompu.com - Tim Puna Polres Dompu Senin (25/3/2024) sekira pukul 00.26 Wita dini hari, mengamankan terduga pelaku Penganiayaan inisial MJ...

Pengedar Sabu di Bali Satu Diringkus Tim Sat Narkoba Polres Dompu

Sel, 26 Mar 2024 05:06:34am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis Sabu,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

SMKN 1 Kempo Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Ming, 17 Mar 2024 04:01:26am

Visitor