TRIBUN-MEDAN.com – Universitas Sumatera Utara (USU) menorehkan prestasi dengan menjadi Perguruan Tinggi (PT) peringkat pertama di Indonesia.

Hal tersebut berdasarkan data yang dirilis Scimago Institutions Rangkings (SIR).

 “Tahun 2019 ini USU memperbaiki peringkatnya pada SIR dengan menjadi peringkat pertama di Indonesia dan peringkat ke 536 di dunia,” ujar Rektor USU, Prof Runtung Sitepu, saat dihubungi Tribun, Minggu (28/4/2019).

 

Ia menuturkan, hal tersebut bisa dilihat dari website SIR yaitu https://www.scimagoir. com/rankings.php?country=IDN  dan akan terlihat urutan peringat perguruan tinggi di Indonesia dan juga di dunia.

“Jadi tahun 2019 USU naik 2 peringkat di tingkat nasional, dan naik 138 peringkat di tingkat dunia,” sambunya.

Tonton video kolasenya;

Ayo subscribe channel YouTube Tribun MedanTV

Prof Runtung mengungkapkan, untuk di peringkat kedua adalah Universitas Indonesia (UI) yang di dunia berada di peringkat 670 dan Bogor Agricultural University atau Institut Pertanian Bogor (IPB) berada diperingkat tiga Indonesia dan peringkat 683 di dunia.

“Ada beberapa faktor pendorong hingga meraih peringkat pertama perguruan tinggi Indonesia tersebut seperti karena adanya peningkatan kinerja lembaga penelitian,” ungkapnya.

Prof Runtung menjelaskan, kemudian juga yang juga menjadi faktor pendorongnya adalah adanya produk inovasi yang terus dihadirkan USU dan juga adanya publikasi ilmiah yang merupakan faktor pendorong dan peningkatan ke tingkat tersebut.

”Sebelumnya di tahun 2018 dari data SIR, USUberada pada peringkat tiga di Indonesia atau peringkat ke 674 di dunia,” jelasnya.

Prof Runtung menerangkan, pada tahun 2018 berdasarkan data SIR, berada diperingkat ketiga di Indonesia.

Diperingkat pertama atau satu ada Universitas Diponegoro (Undip) dan peringkat kedua yaitu UI.

 

 “Ini merupakan salah satu pemacu agar terus bersemangat memberikan yang terbaik dan terus berinovasi tentunya,” terangnya.

Ia juga berharap, USU bisa masuk ke dalam pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Ranking dan bisa terus memberikan yang terbaik dan juga terus menorehkan prestasi.

USU Juara Umum Ajang USU Internasional Open Karate Championship 2019

Universitas Sumatera Utara berhasil meraih juara umum pada perhelatan USU Internasional Open Karate Championship (USUIOKC) 2019 yang digelar di Pardede Hall Medan dan Gelanggang Mahasiswa dari tanggal 22-24 Februari 2019.

Gelar tersebut diraih usai karaeteka-karateka yang membawa nama USU mampu tampil dominan dengan Raihan total 18 medali emas, 2 perak, dan 7 perunggu dari putra maupun putri.

Menyusul pada posisi kedua (runner up) diraih oleh kontingen perguruan karate Institut Karate-do Indonesia Sumatera Utara (Inkai Sumut) dengan merebut 4 medali emas, 4 perak dan 7 perunggu.

Sedangkan diposisi ketiga ditempati oleh perguruan karate Shindoka Sumut dengan Raihan sebanyak 4 medali emas, 4 perak dan 6 medali perunggu.

Sementara itu, untuk karateka peraih best of The best (BoB) juga didominasi oleh para atlet yang mewakili USU. Dari 4 nama atlet peraih BoB tiga di antaranya dari USU dan satu berasal dari perguruan KKI Medan.

Mereka adalah Rizky Lawyer (USU) kumite BoB junior putra, Arnella Putri (USU) kumite BoB junior putri, Daniel Hutapea (KKI Medan) kumite BoB senior putra, dan Tifani Zuhrina (USU) dari Kumite BoB senior putri.

Mewakili Rektor USU Prof Runtung Sitepu, Wakil Rektor IV Prof Dr Bustami Syam dalam wejangannya saat penutupan event USUIOKC 2019 mengungkapkan rasa bangganya terhadap seluruh karateka yang ikut serta pada ajang tersebut.

 

Dirinya pun turut mengapresiasi atas prestasi yang berhasil diraih para atlet pada ajang tahun ini serta kehadiran kontingen dari luar negeri.

“Kami sangat bangga kepada semua atlet untuk semua yang telah dilakukan selama kegiatan tiga hari ini dan untuk hasil yang kalian peroleh hari ini. Anda (atlet) kerja sangat keras, latihan sangat keras, berdarah-darah di Dojo, tapi mencapai prestasi yang luar biasa pada hari ini. Tepuk tangan untuk semua atlet,” ujarnya disambut riuh tepuk tangan para hadirin, Minggu malam (24/2/2019).

Lebih lanjut,  Prof. Bustami juga mengungkapkan rasa bangganya atas sportifitas yang mampu dijunjung tinggi oleh para atlet yang ikut dalam ajang tersebut.

Dan tak lupa, Prof Bustami juga turut berterima kasih atas kerja panitia, serta semua pihak yang mendukung terlaksananya ajang internasional tersebut.

“Itulah yang diinginkan oleh olahraga manapun terutama karate, semangat busido dan semangat olahraga yang luar biasa,” imbuhnya.

Masih kata Bustami, untuk tahun depan, pihaknya juga berencana akan kembali menggelar event karate internasional serupa yang juga mengundang karaeteka-karateka asal luar negeri.

Bahkan pihaknya menargetkan akan mengundang lebih banyak lagi atlet karate dari luar negeri untuk meramaikan perhelatan USU Internasional Open Karate Championship tersebut.

“Dan kami berharap kiranya pada event Insha Allah tahun depan kita akan bertemu lagi. Kami targetkan 10 negara dari luar negeri akan datang ke sini (USU),” pungkas Prof Bustami yang juga pembina UKM Karate USU ini.

Sebelumnya, sebanyak 672 karateka dari 95 kontingen yang berasal dari tiga negara di Asia diberitakan mengikuti Universitas Sumatera Utara (USU) International Open Karate Championship (USUIOKC) 2019.

Ratusan karateka tersebut berasal dari beberapa pengurus Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia) di Indonesia, yang terdiri atas pengurus perguruan tinggi, club dan tim.

 

Sedangkan Kontingen luar negeri berasal dari Malaysia dan India. Event internasional tersebut digelar dari tanggal 22-24 Februari 2019 di Gelanggang Mahasiswa USU dan Pardede Hall Medan.

 

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tersandung Narkoba, Seorang Pegawai Honorer Diciduk Tim Opsnal Polres Dompu

Sab, 20 Apr 2024 12:39:16am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pegawai honorer di Dompu inisial EN tersandung kasus kepemilikan barang haram Narkotika jenis shabu. Terduga di ciduk...

Kepala Dinas Sosial Mengucapkan Selamat HUT Dompu ke 209

Kam, 18 Apr 2024 11:37:14am

  Keluarga Besar Dinas Sosial Kabupaten Dompu Mengucapkan : Selamat Hari Jadi Dompu Ke 209 11 April 1815 - 11 April 2024   Kepala...

Kuasai Shabu, Pria asal Baka Jaya Diringkus Tim Opsnal Polres Dompu

Rab, 17 Apr 2024 02:45:14am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pria berinisial JLK warga Dusun Woro Desa Bakajaya Kecamatan Woja tak berkutik di ciduk tim opsnal Satresnarkoba...

Kapolres Dompu Ungkap Sejumlah Kasus Miras Hasil Operasi Pekat Rinjani

Sab, 6 Apr 2024 11:05:34am

Dompu, metrodompu.com - Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Muhamad Sofyan S.Sos dan Kasat Reskrim AKP Ramli SH...

Peringati Nuzulul Qur’an, SMKN 1 Kempo Bukber dan Berbagi Takjil

Kam, 4 Apr 2024 04:28:21am

Dompu, metrodompu.com - Keluarga Besar SMKN 1 Kempo memperingati Nuzulul Qur'an yg dirangkaikan dengan Kegiatan Buka Puasa bersama (BUKBER) serta...

Direktur RSUD Manggelewa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Sel, 2 Apr 2024 04:04:50am

    Keluarga Besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manggelewa Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024...

Marak Kecurangan Penjualan BBM, Polres Dompu Pantau SPBU

Ming, 31 Mar 2024 08:16:25am

Dompu, metrodompu.com - Seiring kerap terjadinya tindak pidana kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia...

Jaga Kamtibmas Saat Warga Taraweh, Personel Gabungan Polres Dompu Diterjunkan

Sel, 26 Mar 2024 01:02:33pm

Dompu, metrodompu.com - Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban saat warga (umat islam) aman dan kondusif saat pelaksanaan Shalat Taraweh,...

Terduga Pelaku Penganiayaan Warga Desa O’ o Diamankan Polisi

Sel, 26 Mar 2024 11:17:20am

Dompu, metrodompu.com - Tim Puna Polres Dompu Senin (25/3/2024) sekira pukul 00.26 Wita dini hari, mengamankan terduga pelaku Penganiayaan inisial MJ...

Pengedar Sabu di Bali Satu Diringkus Tim Sat Narkoba Polres Dompu

Sel, 26 Mar 2024 05:06:34am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis Sabu,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

SMKN 1 Kempo Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Ming, 17 Mar 2024 04:01:26am

Visitor