Pabrik Es Balok Jala Dipastikan Kebutuhan Es Nelayan Tercukupi

Kam, 30 Jul 2020 12:21:02pm 28 author Metro Dompu
IMG-20200730-WA0125_compress14

Dompu – Metrodompu.com

Pabrik es balok yang berlokasi di Desa Jala Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu mulai berproduksi.

Produksi perdana dilaksanakan pada hari ini Kamis (30/7/2020) yang disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Dompu, Ir. Wahidin, M. Si didampingi Kabid Wahyuddin, S. Pi.
Pabrik es balok tersebut beroperasi atas kerja sama DKP Kabupaten Dompu dengan Koperasi Nelayan “Ikhtiar Baru” yang dikelola oleh Yusuf sebagai Ketua dan Mardiyah, S. Sos, M. Si sebagai manajer.

Kadislutkan Ir. Wahidin terlihat gembira menyaksikan secara langsung produksi perdana es balok tersebut. Karena pabrik yang dibangun sejak tahun 2015 itu lama tak beroperasi disebabkan berbagai kendala yang dihadapi.

Karena itu, Wahidin menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pengelola Koperasi Nelayan “Ikhtiar Baru” yang bersedia diajak kerja sama untuk memanfaatkan kembali pabrik es balok tersebut. Dikatakannya es balok sangat dibutuhkan oleh nelayan dan masyarakat umum di sekitar kawasan itu untuk menyimpan ikan.
“Dengan adanya pabrik es ini mulai berproduksi, maka dipersilakan kepada para nelayan untuk membeli es balok di sini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Koperasi Nelayan Ikhtiar Baru, Yusuf mengatakan dengan mulai berproduksinya pabrik es balok ini maka bagi para nelayan di Desa Jala dan sekitarnya tidak akan kesulitan lagi untuk mencari es batu guna menyimpan (membekukan) ikan hasil tangkapan di laut maupun di tambak.
“Satu baloknya kami jual hanya dengan harga 15 ribu,” ungkap Yusuf.


Selanjutnya Yusuf menginformasikan bagi para nelayan di Desa Jala maupun di desa-desa lain di sekitarnya bahwa mulai hari ini sudah bisa membeli es balok di tempat tersebut setiap saat dibutuhkan.

Ia mengatakan untuk menjamin ketersediaan es balok, maka diperlukan adanya ruang penyimpanan es (ice storage room).
“Kami berharap semoga ada ice storage untuk menyimpan es sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan oleh nelayan tetap tersedia,” harapnya.
Mengenai permintaan ice storage room ini, Kadislutkan mengaku telah mengajukan usulan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pada kesempatan tersebut. Manajer Koperasi Nelayan “Ikhtiar Baru”, Mardiyah, S. Sos, M. Si menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu yang telah memberi support untuk menghidupkan kembali pabrik es yang cukup lama tidak beroperasi tersebut dalam rangka meningkatkan mutu produk ikan di Desa Jala.
“Dengan adanya es akan menjaga mutu produk ikan,” jelasnya.
Ia mengatakan ketika produksi ikan dalam jumlah banyak, para nelayan pasti membutuhkan es untuk mengawetkan ikan sementara waktu sebelum diproses menjadi ikan kering.

“Setahu saya nelayan di sini membutuhkan es sampai siang hari setelah itu baru diproses dibelah menjadi ikan kering karena ikan-ikan yang diproses oleh warga di sini adalah ikan-ikan yang masih segar,” jelasnya.

Ia mengakui para wanita pesisir di Desa Jala sudah sangat cekatan di dalam memproses ikan mulai dari membelah sampai proses mengeringkan. Sehingga ikan dalam jumlah banyak bisa diselesaikan dalam waktu yang tidak terlalu lama.
“Karena ini sudah menjadi home industry saya lihat setiap rumah melakukan hal itu,” tuturnya sembari menambahkan bahwa es batu selalu dibutuhkan oleh nelayan agar mutu ikan bisa terjaga (tetap segar).

Lebih lanjut Akademisi di Universitas Muhammadiyah Mataram ini mengatakan keberadaannya di koperasi tersebut sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Karena itu, ia telah merencanakan program-program pemberdayaan kepada masyarakat pesisir.

“Kami akan merambah pendidikan bagi anak-anak nelayan serta pemberdayaan bagi perempuan yang akan kami sentuh melalui koperasi,” jelasnya.

Dikatakannya di Koperasi Nelayan “Ikhtiar Baru” ada unit Home Industry yang kini sedang memberikan pelatihan pembuatan krupuk ikan yang sebelumnya sudah digeluti oleh.masyarakat setempat.
“Kami akan kembangkan usaha krupuk ikan ini sehingga menjadi produk-produk unggul yang bisa dijual ke luar,” jelasnya. (MD-02)).

Baja Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed

Tersandung Narkoba, Seorang Pegawai Honorer Diciduk Tim Opsnal Polres Dompu

Sab, 20 Apr 2024 12:39:16am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pegawai honorer di Dompu inisial EN tersandung kasus kepemilikan barang haram Narkotika jenis shabu. Terduga di ciduk...

Kepala Dinas Sosial Mengucapkan Selamat HUT Dompu ke 209

Kam, 18 Apr 2024 11:37:14am

  Keluarga Besar Dinas Sosial Kabupaten Dompu Mengucapkan : Selamat Hari Jadi Dompu Ke 209 11 April 1815 - 11 April 2024   Kepala...

Kuasai Shabu, Pria asal Baka Jaya Diringkus Tim Opsnal Polres Dompu

Rab, 17 Apr 2024 02:45:14am

Dompu, metrodompu.com - Seorang pria berinisial JLK warga Dusun Woro Desa Bakajaya Kecamatan Woja tak berkutik di ciduk tim opsnal Satresnarkoba...

Kapolres Dompu Ungkap Sejumlah Kasus Miras Hasil Operasi Pekat Rinjani

Sab, 6 Apr 2024 11:05:34am

Dompu, metrodompu.com - Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain SIK didampingi Kasat Narkoba Iptu Muhamad Sofyan S.Sos dan Kasat Reskrim AKP Ramli SH...

Peringati Nuzulul Qur’an, SMKN 1 Kempo Bukber dan Berbagi Takjil

Kam, 4 Apr 2024 04:28:21am

Dompu, metrodompu.com - Keluarga Besar SMKN 1 Kempo memperingati Nuzulul Qur'an yg dirangkaikan dengan Kegiatan Buka Puasa bersama (BUKBER) serta...

Direktur RSUD Manggelewa Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Sel, 2 Apr 2024 04:04:50am

    Keluarga Besar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Manggelewa Mengucapkan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1445 H/2024...

Marak Kecurangan Penjualan BBM, Polres Dompu Pantau SPBU

Ming, 31 Mar 2024 08:16:25am

Dompu, metrodompu.com - Seiring kerap terjadinya tindak pidana kecurangan dalam penjualan BBM di SPBU yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia...

Jaga Kamtibmas Saat Warga Taraweh, Personel Gabungan Polres Dompu Diterjunkan

Sel, 26 Mar 2024 01:02:33pm

Dompu, metrodompu.com - Untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban saat warga (umat islam) aman dan kondusif saat pelaksanaan Shalat Taraweh,...

Terduga Pelaku Penganiayaan Warga Desa O’ o Diamankan Polisi

Sel, 26 Mar 2024 11:17:20am

Dompu, metrodompu.com - Tim Puna Polres Dompu Senin (25/3/2024) sekira pukul 00.26 Wita dini hari, mengamankan terduga pelaku Penganiayaan inisial MJ...

Pengedar Sabu di Bali Satu Diringkus Tim Sat Narkoba Polres Dompu

Sel, 26 Mar 2024 05:06:34am

Dompu, metrodompu.com - Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Dompu telah melakukan penangkapan terhadap terduga pelaku tindak pidana narkotika jenis Sabu,...

Berita Terbaru

Kriminal

Pendidikan

SMKN 1 Kempo Gelar Safari Ramadhan 1445 H

Ming, 17 Mar 2024 04:01:26am

Visitor